Show simple item record

dc.contributor.authorANITA RIA PRANOMO
dc.date.accessioned2013-09-10T06:25:18Z
dc.date.available2013-09-10T06:25:18Z
dc.date.issued2013-09-10
dc.identifier.nimNIM080210204290
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1003
dc.description.abstractMata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan, ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran dalam meyampaian materi pelajaran di sekolah. Hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran karena guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Barat 01, motivasi belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran sampai saat ini peran guru sebagai subjek pembelajaran dan hanya sebagai transfer pengetahuan. Guru masih menggunakan sistem konvensional, guru terlalu mendominasi kelas sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata IPS yaitu melalui model pembelajaran CTL berbantuan LKS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Persebaran SDA di Lingkungan Setempat siswa kelas IV SDN Barat 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan LKS dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Persebaran SDA di Lingkungan Setempat siswa kelas IV SDN Barat 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah 12 siswa yang terdiri atas 6 laki-laki dan 6 perempuan di SDN Barat 01 Padang, Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Barat 01, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Data hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa secara individu yaitu 75% sedangkan secara klasikal yaitu 66,25%. Pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 91,67% sedangkan secara klasikal sebesar 77,5%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 58,33% sedangkan secara klasikal sebesar 69,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 91,67% sedangkan secara klasikal sebesar 80,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran CTL berbantuan LKS pada mata pelajaran IPS dengan materi Persebaran SDA di lingkungan Setempat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Barat 01 Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang menyenamgkan dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204290;
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWA, MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)en_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN LKS PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERSEBARAN SDA DI LINGKUNGAN SETEMPAT KELAS IV SDN BARAT 01 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record