Show simple item record

dc.contributor.authorANISA FAJARWATI
dc.date.accessioned2013-09-10T06:13:53Z
dc.date.available2013-09-10T06:13:53Z
dc.date.issued2013-09-10
dc.identifier.nimNIM090210204194
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1001
dc.description.abstractPembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madarasah Ibtidaiyah pada umumnya menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu model pembelajaran yang menitik beratkan pada guru. Kegiatan pembelajaran di MI Baitul Ridlo Umbulsari khususnya di kelas IV masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah ataupun metode tanya tanya jawab dan penugasan yang terpusat pada buku teks. Hal ini berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥ 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pokok bahasan Rantai Makanan? (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture pokok bahasan Rantai Makanan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji peningkatan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) untuk mengkaji peningkatan ketuntasan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pembelajaran Model Picture and Picture mempunyai sifat yang konkret, lebih realistis, menunjukkan pokok masalah dibandingkan media verbal semata, dapat mengatasi batasan ruang dan waktu karena tidak semua benda atau objek dapat dibawa ke kelas, dapat mengatasi keterbatasan pengamatan, dan melatih berpikir logis. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dilakukan di kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember tahun pelajaran 2011/2012, dengan responden 28 siswa, yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 73,6% (termasuk kategori aktif), sedangkan pada siklus II sebesar 88,2% (termasuk kategori sangat aktif). Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan atau meningkat sebesar 14,6%. Pada siklus I rata-rata hasil belajarnya 72,03, sedangkan pada siklus II 87,89, sehingga meningkat 15,86. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 57,14% tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus II mencapai 92,86%, sehingga meningkat sebesar 35,72%. Dengan demikian standar ketuntasan belajar secara klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi, sehingga penelitian ini hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Saran bagi pihak sekolah diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar siswa. Bagi guru, dapat menjadi masukan dalam alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan dan kualitas pembelajaran. Bagi siswa, siswa harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti dapat menambah pengetahuan dalam pembelajaran sebagai bekal untuk calon guru ( pendidik ), dan bagi peneliti lain dapat menjadi masukan untuk penelitian lebih lanjut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember pada pokok bahasan Rantai Makanan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204194;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTUREen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN RANTAI MAKANAN PADA SISWA KELAS IV MI BAITUL RIDLO UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record