Browsing by Author "Djoko Lesmono, Albertus"
Now showing items 1-14 of 14
-
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Penyelesaian Open-Ended Question Pada Materi Fluida Statis Di Sma
Eka Rizki, Maydini (2019-08-08)Pembelajaran sains diarapkan mampu menghantarkan peserta didik memenuhi kebutuhan kemampuan abad 21. -
Dengan Software Tracker Sebagai Rancangan Bahan Ajar Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Kelas X
Fadholi, Lukman (2018-11-21)Fisika merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam (sains) yang mempelajari tentang alam dan gejalanya. -
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN ARUS SEARAH DI KELAS XII MA NEGERI 1 JEMBER
Nur Rohmah, Risalatun (2018-03-16)Peneliti dalam pendidikan sains sepakat bahwa siswa datang ke kelas dengan konsep yang sebagian besar berbeda dari konsep ilmuwan (Hammer, 1996). Siswa membawa konsep-konsep yang diterima dari pengalaman kehidupan sehari-hari, ... -
MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Rahmadani, Mila; Djoko Lesmono, Albertus; Subiki (UNEJ, 2014)This research was an experiment research to comprehend study result and student memory power (retention) in experiment class and control class. It used learning model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ... -
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI LESSON STUDY DISERTAI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Jannah, Miftahul; Subiki; Djoko Lesmono, Albertus (UNEJ, 2013)The goals of this research were (1) to assess significant differences the cognitive abilities of students before and after learning cooperative model through lesson study with demonstration method physics at SMA, (2) to ... -
PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN TEKNIK OPEN ENDED PROBLEM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Ansori, Taufiq; Djoko Lesmono, Albertus; Dina Handayani., Rif’ati (UNEJ, 2014)The learning of cooperative model by group investigation type with open ended problem technic is student centered learning by emphasizing problem solving abilities. The purpose of this research to apply the cooperative ... -
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI JEMBER (Studi pada Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis)
M. Nurhudayah (2016-11-17)Pembelajaran fisika yang baik adalah pembelajaran yang sesuai dengan hakikat fisika yaitu proses dan produk. Namun kenyataannya, pembelajaran fisika di sekolah masih didominasi oleh guru. Metode yang sering digunakan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN BALUNG
Khoirur Roziqin, Muhammad (2017-11-07)Berdasarkan hasil dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : a. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa pada ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 JEMBER
Megawati, Ratna; Bektiarso, Singgih; Djoko Lesmono, Albertus (UNEJ, 2013)The purpose of the study were: (1) describe the influence of learning models And Explaining Student Facilitator (SFAE) with the experimental method to the results of class VII student of SMP Negeri 12 Jember ... -
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan VBA Excel Pada Materi Optika Geometri Dalam Pembelajaran Fisika DI SMA
Dini Safitri, Ayu (Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-09-11)Sekarang ini berkembang pesat teknik informasi dan komunikasi. Bukan hanya di dunia bisnis tetapi juga di dunia pendidikan. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan media yang menggunakan ICT. Salah satu program yang ... -
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DISERTAI MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP
Eka Farah Azizah, Devi (2017-10-26)Berdasarkan data yang diperoleh pada hasil dan pembahasan pengembangan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. a. Validitas logis modul pembelajaran berbasis kontekstual ... -
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DISERTAI MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP
Eka Farah Azizah, Devi (2017-10-26)Berdasarkan data yang diperoleh pada hasil dan pembahasan pengembangan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. a. Validitas logis modul pembelajaran berbasis kontekstual ... -
PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PADA TEMA “MATAHARI” UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Mahmudah, Anif (2018-03-08)IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa faktafakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu ... -
PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK PADA TEMA “MATAHARI” UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Mahmudah, Anif (2018-03-09)Pembelajaran IPA melatih siswa agar siswa dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari secara menyeluruh (holistik), bermakna, otentik, dan aktif. Pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 pada dasarnya dilakukan ...