• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Ajar Berbasis Etno-STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Erica Meilia Safitri_230220104003 (1.101Mb)
    Date
    2025-01-30
    Author
    SAFITRI, Erica Meilia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kualitas pendidikan pada pembelajaran di abad 21 ini mencangkup beberapa pemikiran yang perlu dikasai oleh peserta didik yaitu pemikiran kritis, kreatif, mampu memecahkan masalah, komunikatif, kolaboratif, serta inovatif. Strategi pembelajaran yang dapat diimplementasikan agar peserta didik bisa lebih aktif ketika dikelas yaitu dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Pembelajaran berbasis kearifan lokal ini sangat penting untuk diajarkan karena dapat meningkatkan karakter siswa yang bernilai positif. Peserta didik dapat lebih mudah dalam memahami materi yang diberikan jika guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, salah satu strategi yang dapat digunakan saat ini yaitu pendekatan pembelajaran berbasis Etno-STEM. Pembelajaran dengan pendekatan Etno-STEM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Pada pembelajaran IPA saat ini keterampilan berpikir kreatif sudah diterapkan namun masih belum maksimal. Pembelajaran IPA yang dilakukan masih cenderung monoton, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik serta pembelajaran yang dilakukan tidak berpengaruh signifikan pada pemikiran peserta didik. Buku ajar berperan penting dalam berhasil atau tidaknya proses pembelajaran. Keterampilan berpikir kreatif dapat diukur menggunakan buku ajar yang sudah disesuaikan dengan indikator keterampilan berpikir kreatif. Materi gerak dan gaya menjadi salah satu yang sulit dipahami oleh peserta didik disekolah. Penjelasan gerak dan gaya yang di kaitkan dengan budaya daerah dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi. Budaya yang dapat di integrasikan dengan materi gerak dan gaya yaitu JFC (Jember Fashion Carnival). Penelitian ini bertujuan menentukan validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari buku ajar berbasis Etno-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Validasi dilakukan oleh tiga validator ahli dari dosen Program Studi Pendidikan IPA Universitas Jember. Proses validasi menggunakan lembar validasi yang terdiri atas empat aspek dengan 22 pernyataan. Persentase dari keempat aspek memiliki rerata skor persentase 80% yang termasuk dalam kategori valid. Kepraktisan ditentukan berdasarkan pengisian lembar keterlaksanaan yang diisi oleh observer ketika pembelajaran berlangsung. Hasil analisis keterlaksaan bagian pendahuluan mendapatkan presentase 96,94%%, bagian inti mendapatkan rentang presentase 87,78%-91,67%, bagian penutup mendapatkan presentase 93,67%. Ketiga kegiatan tersebut mendapatkan rerata sebesar 92,05% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Perhitungan efektivitas melalui n-gain memperoleh nilai 0,73 dengan kriteria tinggi. Nilai n-gain 0,73 termasuk dalam kriteria tinggi, oleh karena itu buku ajar yang digunakan dapat dikatakan efektif. Hasil analisis efektivitas pada uji kelompok besar dengan perolehan skor pada kelima aspek penilaian yaitu 87%-93%, dimana didapatkan rerata skor 90% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, dapat ketahui bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap buku ajar berbasis Etno-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan dari data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis Etno-STEM bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Oleh karena itu, produk buku ajar berbasis Etno-STEM yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatih serta meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran IPA khususnya materi gerak dan gaya di SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128619
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [280]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository