Show simple item record

dc.contributor.authorALFIRDAUS, Alvin Cahyo
dc.date.accessioned2025-10-07T06:28:01Z
dc.date.available2025-10-07T06:28:01Z
dc.date.issued2024-11-25
dc.identifier.nim200910202095en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128297
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKomunikasi pemasaran ialah sebuah sarana di mana pelaku usaha berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam mengomunikasikan segala sesuatu tentang produk tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Toko Baju Anak Salsabilaanarqi yang beralamat di Jalan Udangwindu No.49 Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2023 hingga selesai. Subjek penelitian terdiri dari owner sekaligus pengelola dan karyawan toko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Baju Anak Salsabilaanarqi menerapkan strategi pemanfaatan Instagram yang komprehensif dan efektif sebagai media komunikasi pemasaran. Strategi tersebut mencakup lima aspek utama: Postingan yang termasuk dalam advertising, Sorotan yang termasuk dalam advertising, Story yang termasuk dalam direct marketing, Pesan yang termasuk dalam direct marketing, dan Link pada bio yang termasuk dalam publicity. Toko ini secara rutin mengunggah konten berupa postingan dan story untuk produk baru, dengan caption yang informatif dan lengkap. Fitur Sorotan dimanfaatkan untuk mengorganisir informasi penting secara permanen, sementara Link WhatsApp pada bio Instagram memudahkan komunikasi langsung dengan pelanggan.Dari kelima elemen Instagram yang dianalisis, ditemukan bahwa postingan dan story menjadi elemen yang penting pada penjualan. Hal ini dikarenakan kemampuan kedua elemen tersebut dalam: 1) Menarik perhatian calon pelanggan melalui visual yang menarik. 2) Memberikan informasi produk yang komprehensif. 3) Menciptakan urgensi pembelian. 4) Membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Implementasi strategi yang terencana dan terintegrasi dalam memanfaatkan berbagai fitur Instagram ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan visibilitas brand, membangun engagement dengan pelanggan, dan mendorong peningkatan penjualan serta loyalitas pelanggan Toko Baju Anak Salsabilaanarqi.en_US
dc.description.sponsorship1. Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M. 2. Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKomunikasi Pemasaranen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectToko Baju Anaken_US
dc.titlePemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Toko Baju Anak Salsabilaanarqien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Bisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_September 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record