• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Safety Plan dan Optimasi Desain Jalur Evakuasi Kapal Penyeberangan di Pelabuhan Jangkar Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    doc (1).pdf (4.084Mb)
    Date
    2023-04-20
    Author
    SAHARA, Rosida Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kasus mengenai kecelakaan kapal di Indonesia terus terjadi tiap tahunnya, sehingga perlu adanya upaya penekanan jumlah kejadian atau jumlah korban jiwa. Salah satu upaya untuk menekan tingkat korban jiwa ialah dengan memberikan penilaian terkait perlengkapan keselamatan yang tersedia di kapal serta analisis dan optimasi terkait desain jalur evakuasi mengenai waktu evakuasi penumpang. Penelitian ini mengambil data dari salah satu kapal penyeberangan yang beroperasi di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Sehingga didapatkan objek kapal dengan tipe roro yang bernama KMP. Munggiyango Hulalo. Observasi lapangan perlu dilakukan untuk mengetahui kesesuaian kondisi nyata perlengkapan keselamatan dan jalur evakuasi dengan data yang tertera pada safety plan. Selanjutnya mengenai optimasi desain jalur evakuasi terdapat 3 desain variasi lain untuk mengetahui waktu yang paling optimal. Metode yang digunakan ialah simplified evacuation analysis yang tercantum pada IMO MSC.1/Circ. 1238. Penilaian mengenai perlengkapan keselamatan dilakukan menggunakan form assessment dengan acuan standar yang dikeluarkan oleh Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.988/AP.402/DRDJ/2021. Terdapat ketidak sesuaian jumlah dan lokasi dari perlengkapan keselamatan sehingga diberikan rekomendasi berupa penambahan lifebuoy sebanyak 2 buah. Berikutnya merupakan perancangan optimasi desain jalur evakuasi dengan 3 variasi selain kondisi existing. Berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, didapatkan hasil dari masing-masing variasi. Untuk desain existing didapatkan waktu evakuasi penumpang sebesar 61,41 menit (night) dan 46,36 menit (day). Sedangkan untuk desain variasi 1 sebesar 55,32 menit (night) dan 42,12 menit (day), variasi 2 sebesar 52,53 (night) dan 40,18 (day), serta variasi 3 sebesar 40,99 (night) dan 32,16 (day). Performa standar evakuasi untuk kapal penumpang ro-ro ialah tidak boleh melebihi 60 menit untuk setiap kasus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain yang paling optimal untuk mengatasi kegagalan evakuasi penumpang ialah variasi 3.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128107
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4394]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository