Show simple item record

dc.contributor.authorFAMUNGKAS, Anggi Putri
dc.date.accessioned2025-08-04T03:47:39Z
dc.date.available2025-08-04T03:47:39Z
dc.date.issued2024-07-24
dc.identifier.nim202410101110en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127683
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPlatform Bijak Memilih merupakan platform edukasi politik yang menyediakan informasi mengenai isu-isu strategis, rekam jejak partai politik, dan profil calon presiden dan wakil presiden. Platform ini memiliki target kedepannya untuk mengembangkan platform berdasarkan feedback dari pengguna yang meliputi pujian, kritik, dan saran dari media sosial. Oleh karena itu, dilakukan penelitian analisis sentimen untuk mengidentifikasi opini dan POS Tagging untuk mengidentifikasi objek pembahasan melalui filtering label kelas kata benda, kata kerja, dan kata keterangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saran pengguna terhadap platform Bijak Memilih dan mengevaluasi akurasi algoritma Naive Bayes Classifier dan HMM - Viterbi yang digunakan dalam POS Tagging. Penelitian ini menggunakan 3000 data yang bersumber dari komentar pada postingan media sosial Bijak Memilih yang berisi penjelasan platform. Proses klasifikasi sentimen menghasilkan 1116 data bersentimen negatif yang kemudian diberikan tagger kata menggunakan POS Tagging. Hasil tagset kata dari proses POS Tagging dianalisis menggunakan algoritma Apriori untuk mendapatkan informasi yang bermakna dari keterkaitan kata. Hasil akhir mengidentifikasi sepuluh objek pembahasan beserta kata yang berkaitan untuk disimpulkan sebagai saran pengguna. Objek pembahasan tersebut menggambarkan permasalahan isu spesifik dan fitur yang diusulkan untuk ditambahkan atau diperbaiki pada platform Bijak Memilih. Hasil pengujian klasifikasi menunjukkan akurasi tertinggi sebesar 94% dan POS Tagging menunjukkan akurasi sebesar 93%.en_US
dc.description.sponsorship1. DPU: Achmad Maududie ST, M.Sc. 2. DPA: Priza Pandunata S.Kom., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectAnalisis Sentimenen_US
dc.subjectAlgoritma Viterbien_US
dc.subjectHidden Markov Model (HMM)en_US
dc.subjectNaïve Bayes Classifieren_US
dc.subjectPOS Taggingen_US
dc.titleIdentifikasi Saran Pengguna untuk Platform Bijak Memilih Melalui Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Classifier dan POS Taggingen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Achmad Maududie ST, M.Sc.en_US
dc.identifier.pembimbing2Priza Pandunata S.Kom., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juli 2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record