Pengaruh Metode Pembelajaran Storytelling Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menulis Isi dan Pesan Dongeng Kelas III SDN Gambor Banyuwangi
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di sekolah yaitu guru masih menerapkan metode konvensional dan belum menerapkan metode yang menarik sehingga membuat siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran. Saat pembelajaran bahasa Indonesia siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan isi dan amanat dongeng sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode bercerita terhadap hasil belajar siswa menulis isi dan amanat dongeng kelas III SDN Gambor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Pada kelas eksperimen rata-rata skor pre-test sebesar 54,3 dan skor post-test sebesar 76,8 sedangkan selisih skor rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 22,5 yang berarti setelah diberikan perlakuan skor yang diperoleh siswa lebih tinggi. Pada kelas kontrol rata-rata skor pre-test sebesar 56,1 dan rata-rata skor post-test sebesar 67,7, sedangkan selisih skor rata-rata pada kelas kontrol sebesar 11,6. Pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan uji-t maka diperoleh t tabel = 2,028 dan nilai t hitung = 9,218. Karena nilai t hitung > t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode bercerita terhadap hasil belajar menulis isi dan amanat cerita dongeng siswa kelas III SDN Gambor.