• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Pembelajaran Storytelling Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menulis Isi dan Pesan Dongeng Kelas III SDN Gambor Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Lutfia Ristanti_200210204086_Repository Skripsi.pdf (2.759Mb)
    Date
    2024-10-25
    Author
    RISTANTI, Lutfia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang ditemukan di sekolah yaitu guru masih menerapkan metode konvensional dan belum menerapkan metode yang menarik sehingga membuat siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran. Saat pembelajaran bahasa Indonesia siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan isi dan amanat dongeng sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode bercerita terhadap hasil belajar siswa menulis isi dan amanat dongeng kelas III SDN Gambor. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa uraian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t. Pada kelas eksperimen rata-rata skor pre-test sebesar 54,3 dan skor post-test sebesar 76,8 sedangkan selisih skor rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 22,5 yang berarti setelah diberikan perlakuan skor yang diperoleh siswa lebih tinggi. Pada kelas kontrol rata-rata skor pre-test sebesar 56,1 dan rata-rata skor post-test sebesar 67,7, sedangkan selisih skor rata-rata pada kelas kontrol sebesar 11,6. Pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan uji-t maka diperoleh t tabel = 2,028 dan nilai t hitung = 9,218. Karena nilai t hitung > t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode bercerita terhadap hasil belajar menulis isi dan amanat cerita dongeng siswa kelas III SDN Gambor.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127062
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository