Show simple item record

dc.contributor.authorFARIKHA, Ziadatul
dc.date.accessioned2025-07-03T07:44:51Z
dc.date.available2025-07-03T07:44:51Z
dc.date.issued2025-01-30
dc.identifier.nim210210101086en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127056
dc.description.abstractPrestasi siswa Indonesia dalam bidang geometri masih tergolong rendah, seperti ditunjukkan oleh hasil PISA yang menunjukkan skor rata-rata geometri siswa Indonesia berada jauh di bawah rata rata internasional. Hal ini mengindikasikan adanya kesulitan dalam memahami konsep dan prinsip geometri, termasuk pada materi segi empat. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti e-modul blender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul blender terhadap kemampuan berpikir lateral siswa ditinjau level van hiele pada materi segi empat. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan post test only control group design untuk data kuantitatif dan triangulasi data kualitatif. Responden penelitian terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen yang menggunakan e-modul blender dan 33 siswa kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test kelas eksperimen adalah 5.00, sedangkan kelas kontrol adalah 53.70. Uji-t menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan secara statistik antara kedua kelompok (𝑝 > 0,05). Meskipun demikian, analisis kualitatif dari hasil wawancara dan pengamatan menunjukkan bahwa e-modul blender membantu siswa dalam memahami sifat-sifat bangun datar melalui visualisasi interaktif, terutama pada level visualisasi dan analisis van hiele. Kesimpulannya, e-modul blender memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman geometri dan kemampuan berpikir lateral siswa, meskipun tidak menunjukan hasil signifikan secara kuantitatif dibandingkan metode konvensional.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd. Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjecte-modulen_US
dc.subjectberpikir lateralen_US
dc.subjectvan hieleen_US
dc.titlePengaruh E-modul Blender terhadap Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Ditinjau dari Level Van Hiele Materi Segi Empaten_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 01en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record