• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh E-modul Blender terhadap Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Ditinjau dari Level Van Hiele Materi Segi Empat

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI REPOSITORY.pdf (1.712Mb)
    Date
    2025-01-30
    Author
    FARIKHA, Ziadatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Prestasi siswa Indonesia dalam bidang geometri masih tergolong rendah, seperti ditunjukkan oleh hasil PISA yang menunjukkan skor rata-rata geometri siswa Indonesia berada jauh di bawah rata rata internasional. Hal ini mengindikasikan adanya kesulitan dalam memahami konsep dan prinsip geometri, termasuk pada materi segi empat. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti e-modul blender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul blender terhadap kemampuan berpikir lateral siswa ditinjau level van hiele pada materi segi empat. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan post test only control group design untuk data kuantitatif dan triangulasi data kualitatif. Responden penelitian terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen yang menggunakan e-modul blender dan 33 siswa kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post test kelas eksperimen adalah 5.00, sedangkan kelas kontrol adalah 53.70. Uji-t menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan secara statistik antara kedua kelompok (𝑝 > 0,05). Meskipun demikian, analisis kualitatif dari hasil wawancara dan pengamatan menunjukkan bahwa e-modul blender membantu siswa dalam memahami sifat-sifat bangun datar melalui visualisasi interaktif, terutama pada level visualisasi dan analisis van hiele. Kesimpulannya, e-modul blender memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman geometri dan kemampuan berpikir lateral siswa, meskipun tidak menunjukan hasil signifikan secara kuantitatif dibandingkan metode konvensional.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127056
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository