Pengaruh Penerapan Token Ekonomi Terhadap Perilaku Disruptif pada Anak Kelompok A di TK ARNI Jember
Abstract
Perilaku disruptif merupakan perilaku yang cenderung menentang atau mengganggu hubungan antara interaksi anak dengan teman sebaya dan anak dengan orang dewasa. Teknik token ekonomi adalah bentuk modifikasi perilaku yang dirancang dalam upaya guna meningkatkan perilaku yang ditargetkan, serta menurunkan perilaku yang tidak dikehendaki melalui pemberian token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan token ekonomi terhadap perilaku disruptif pada anak kelompok A di TK ARNI Jember. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group. Teknik pengambilan sampel menggunakan covenience sampling dengan mengambil anak kelompok A (A2 dan A3) yang berjumlah 28 anak sebagai subjek penelitian. Data penelitian tentang perilaku disruptif anak dikumpulkan dengan metode observasi dengan intrumen lembar observasi. Hasil penelitian melalui Independent Sample T-test diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,818 > 1,782 dengan arah negatif (-), yang artinya terdapat perbedaan perilaku disruptif anak sebelum dan sesudah diterapkannya token ekonomi. Hal ini menunjukkan token ekonomi dapat menurunkan perilaku disruptif pada anak kelompok A di TK ARNI Jember.