Pengembangan LKPD Berbasis Tumbuhan Habitat Alas Purwo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bagian tubuh tumbuhan habitat Alas Purwo Banyuwangi. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasis tumbuhan habitat Alas Purwo. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun hanya dilakukan hingga tahap ke-8. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, lembar validasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memperoleh skor validasi sebesar 88,4 dengan kategori “sangat valid”. Keefektifan LKPD pada materi “Bagian Tubuh Tumbuhan” ditunjukkan melalui uji independent sample t-test berdasarkan nilai pretest dan posttest, dengan peningkatan sebesar 47,63% yang tergolong dalam kategori “sedang”. Kepraktisan LKPD dinilai berdasarkan skor respon peserta didik setelah pembelajaran yang mencapai 85,6 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan data yang diperoleh, terbukti bahwa LKPD “Bagian Tubuh Tumbuhan” yang dikembangkan sangat valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran.