• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pemodelan Matematika pada Kasus Kecanduan Media Sosial Menggunakan Metode Runge-Kutta Orde 15

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI_ROBIBATUL ILMIYAH_190219101130.pdf (1.148Mb)
    Date
    2025-01-31
    Author
    ILMIYAH, Robibatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika memainkan peran penting dalam mengatasi berbagai tantangan dunia nyata, terutama mengenai meningkatnya kejadian kecanduan media sosial yang disebabkan oleh kemajuan teknologi. Tujuan utama dari upaya penelitian ini adalah untuk mengembangkan model matematika SEIRS yang merangkum dinamika yang terkait dengan kecanduan media sosial, menggunakan metode Runge-Kutta urutan ke-15 untuk resolusinya. Penyelidikan dilakukan di kalangan mahasiswa yang terdaftar di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jember, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang terstruktur dengan cermat. Model SEIRS dikonseptualisasikan dengan mengklasifikasikan individu ke dalam empat kategori berbeda: rentan, terpapar, terinfeksi, dan pulih. Pilihan metode Runge-Kutta orde ke-15 didasarkan pada kapasitasnya untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam memecahkan persamaan diferensial yang diturunkan dari model SEIRS. Temuan dari uji konvergensi dan evaluasi efektivitas menunjukkan bahwa metodologi ini menghasilkan solusi yang tepat secara numerik yang ditandai dengan margin kesalahan minimal, waktu eksekusi yang cepat, dan jumlah iterasi yang optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi besar untuk kemajuan metodologi numerik yang berlaku untuk pemodelan matematika yang rumit dan memberikan wawasan baru tentang dinamika kecanduan media sosial.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126976
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository