| dc.contributor.author | ALFIA, Ariana | |
| dc.date.accessioned | 2025-05-05T23:38:26Z | |
| dc.date.available | 2025-05-05T23:38:26Z | |
| dc.date.issued | 2023-11-17 | |
| dc.identifier.nim | 190210101054 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126163 | |
| dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 6 Mei 2025 | en_US |
| dc.description.abstract | Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang besar
pada bidang pendidikan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan
pembelajaran sehingga dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa. Selain itu,
kehadiran teknologi dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi
melalui media yang lebih modern. Penggunaan media pembelajaran berbasis
teknologi dapat membantu meningkatkan efisiensi pembelajaran dan penyampaian
isi materi. Sehingga penerimaan konsep oleh peserta didik lebih mudah untuk
diterima dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika. Salah satu
contoh media pembelajaran yang dapat digunakan adalah komik elektronik
berbantuan GeoGebra.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model 4-D yang menghasilkan produk berupa komik elektronik dan applet
GeoGebra yang dipublikasikan melalui Google Sites yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada materi translasi. Pada
penelitian ini menggunakan komponen literasi matematika yang terdiri dari
formulating, employing, interpret and evaluating. Prosedur penelitian yang
digunakan yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan
tahap penyebaran.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa media yang
dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kategori penelitian
pengembangan diantaranya valid dengan nilai koefisian korelasi α sebesar 0,88.
Artinya kevalidan media sangat tinggi. Kategori praktis dengan rata-rata total
seluruh indikator sebesar 4,09 dengan presentase 81,5%. Artinya, media bernilai
praktis dengan kategori sangat baik. Dan kategori efektif dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,58511 dan tingkat keefektifan media bernilai sedang. Artinya, media
bernilai efektif dan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | GEOGEBRA | en_US |
| dc.subject | KOMIK ELEKTRONIK | en_US |
| dc.title | Pengembangan Komik Elektronik Menggunakan Pixton Berbantuan GeoGebra dan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Materi Translasi | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Edy Wihardjo, S.Pd,, M.Pd. | en_US |
| dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
| dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |