Show simple item record

dc.contributor.authorIMANI, Ghita Dewi Nurul
dc.date.accessioned2024-06-13T02:06:14Z
dc.date.available2024-06-13T02:06:14Z
dc.date.issued2024-02-05
dc.identifier.nim180210402125en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121426
dc.description.abstractBahasa merupakan poin yang amat penting dalam penyampaian pesan suatu iklan. Bahasa bertujuan untuk memudahkan orang lain agar mengerti dengan apa yang kita bicarakan. Iklan sebagai salah satu produk perwujudan budaya massa, yang bertujuan memperkenalkan dan menawarkan produk kepada calon konsumen dan mempengaruhi dan menyuntikkan pesan-pesan tertentu di dalamnya. Bahasa yang digunakan dalam iklan tentunya harus mampu memengaruhi pola pikir penonton, sehingga mereka tertarik untuk mencoba dan membeli produk yang ditawarkan. Penelitian tentang representasi maskulinitas dalam iklan menjadi topik yang menarik untuk dijadikan objek kajian dalam ilmu kebahasaan. Iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki menjadi objek penelitian karena iklan tersebut menampilkan wajah aktor Korea Selatan yang terkenal dengan citra maskulinitasnya. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan tanda denotasi dan konotasi, serta mitos dalam iklan Scarlett Whitening Versi Song Joong Ki; (2) Mendeskripsikan bentuk representasi maskulinitas dalam iklan Scarlett Whitening Versi Song Joong Ki; (3) Mendeskripsikan pemanfaatan hasil penelitian iklan Scarlett Whitening Versi Song Joong Ki (analisis semiotika Roland Barthes) sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan rancangan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Roland Barthes untuk mengungkapkan tanda makna konotasi, makna denotasi dan mitos. Hasil penelitian menyebutkan iklan ini berbentuk video yang ditayangkan pada akun Youtube bernama Scarlett Official dengan judul “Get Ready to Meet Song Joong Ki's New Love”. berdurasi 1 menit dengan fokus pada Song Joong Ki sebagai model iklan. Nilai maskulinitas yang terdapat dalam scene-scene dari iklan Scarlett Whitening dijabarkan menjadi enam scene yang dianggap menggambarkan nilai maskulinitas. Kesimpulan (1) Ditemukan enam makna denotasi pada enam scene yang dipilih dari iklan yang sifatnya langsung dapat dilihat dan mejelaskan hal yang sebenarnya (objektif); (2) Ditemukan enam makna konotasi dalam enam scene yang dipilih dari iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki yang mengungkapkan suatu hal yang subjektif, sesuai dengan pemikiran dari penulis. serta dikuatkan oleh pembenaran atas pemaknaan dari penulis sendiri; (3) Mitos yang terbangun dalam iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki terbagi menjadi 6 bagian; (5) Representasi maskulinitas dalam iklan Scarlett Whitening versi Song Joong Ki termasuk dalam soft masculinity; dan (6) Hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. Pembimbing Anggota Siswanto, S.Pd., M.A.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectrepresentation of masculinity, semiotics, advertising.en_US
dc.subjectRepresentasi Maskulinitasen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectIklanen_US
dc.titleRepresentasi Maskulinitas pada Iklan Scarlett Whitening Versy Soong Jong Ki (Analisis Semiotika Roland Barthes)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Siswanto, S.Pd., M.A.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 16 Mei 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record