Fenomena Hijab dalam Persepektif Edmund Husserl pada Novel Kerudung di Titik Api Karya Moch. Taufik Hidayatullah dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Abstract
Fenomenologi merupakan bidang kajian ilmu yang mempelajari suatu
fenomena. Fenomenlogi pertama kali dipelopori oleh Edmund Husserl pada abad
20-an sebagai salah satu gerakan ilmu filsafat. Edmund Husserl dalam teori
fenomenologi yang dikemukakannya menyatakan ada tiga konsep sebagai
landasannya, yakni konsep evidenz, konsep intersubjektifitas dan konsep
intensionalitas. Novel Kerudung Di Titik Api karya Moch. Taufik Hidayatullah
yang terbit pada tahun 2018 menceritakan tentang fenomena hijab khususnya pada
kerudung yang terjadi pada kalangan perempuan muslim. Fenomena hijab dalam
novel Kerudung Di Titik Api menganalisis dari segi bentuk kerudung dan
bagaimana pengaruh kerudung terhadap tokoh. Berdasarkan pemaparan di atas,
maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) bentuk dan
peran kerudung dalam novel Kerudung Di Titik Api karya Moch. Taufik
Hidayatullah, (2) bentuk kesadaran individual tokoh terhadap kerudung dalam
novel Kerudung Di Titik Api karya Moch. Taufik Hidayatullah, dan (3)
pemanfaatan hasil dari penelitian novel Kerudung Di Titik Api karya Moch.
Taufik Hidayatullah sebagai alternatif materi pembelajaran Bahasa Indonesia,
khususnya sastra di kelas XII SMA.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan sosiologi sastra yang menggunakan teori fenomenologi Edmund
Husserl. Data yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan rumusan
masalah, yaitu kata, kalimat dan paragraf yang terdapat dalam novel Kerudung Di
Titik Api karya Moch. Taufik Hidayatullah yang berkaitan dan menunjang
penelitian. Sumber data yang digunakan adalah novel Kerudung Di Titik Api
karya Moch. Taufik Hidayatullah, kurikulum 2013 edisi revisi 2018 bahasa
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
viii
Indonesia kelas XII SMA dan sumber bacaan lainnya yang mendukung tinjauan
pustaka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah deskriptif analisis.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yakni peneliti sendiri sebagai
instrumen utama dan instrumen pendukung meliputi alat-alat yang dapat
digunakan untuk mencatat, menandai dan memilah data pada penelitian. prosedur
penelitian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yakni tahap
persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian.
Hasil pembahasan dalam penelitian ini yang pertama, memaparkan
macam-macam bentuk kerudung dan bagaimana peran kerudung tersebut terhadap
kehidupan tokoh dalam novel. Kedua, menjelaskan bagaimana kesadaran
individual tokoh terhadap fenomena hijab yang terjadi dalam novel dan
bagaimana fenomena tersebut dapat mempengaruhi ideologi dan relasi sosial
tokoh dalam lingkungan hidupnya. Ketiga, hasil penelitian ini dapat
direlevansikan sebagai alternatif materi pembelajaran bahasa Indonesia SMA
kelas XII, tepatnya pada kompetensi dasar 3.9 (menganalisis isi dan kebahasaan
novel).
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini, yaitu: (1) peneliti
selanjutnya, dapat menganalisis tokoh lain seperti tokoh Cassandra Cassanova
yang seorang perempuan yang begitu mencintai kerudung namun tidak menganut
agama apapun atau seorang ateis secara lebih luas dan menyeluruh pada novel
Kerudung Di Titik Api karya Moch. Taufik Hidayatullah, (2) Bagi guru bahasa
Indonesia hasil pembahasan penelitian ini disarankan dijadikan sebagai alternatif
materi pembelajaran sastra di jenjang pendidikan SMA kelas XII yang sesuai
dengan KD 3.9 pada Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.