dc.contributor.author | HABIBA, Faizah | |
dc.date.accessioned | 2023-11-28T06:25:10Z | |
dc.date.available | 2023-11-28T06:25:10Z | |
dc.date.issued | 2023-06-12 | |
dc.identifier.nim | 190210205097 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118852 | |
dc.description.abstract | Pemecahan masalah yaitu sebuah langkah yang dilaksanakan anak untuk
memakai keterampilan, pengetahuan, dan pemahamannya agar dicapai hal yang
diinginkan. Kemampuan masalah yang dialami oleh anak dimulai dari aktivitas
psikis dan fisik yang dilaksanakan oleh anak. Untuk menumbuhkan sifat kretif
dalam pemecahan masalah pada kelompok B, maka anak-anak di kenalkan dengan
permaian ‘’Stacking Block’’ guna melatih anak dalam menyelesaikan
permasalahan melalui permainan yang di mainkan.
Berdasaran latar belakang penelitian ini, maka di rumusan masalah
penelitian ini yaitu: Apakah terdapat pengaruh permainan ‘’Stacking Block’’
terhadap kemampuan pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu AlQur’anاKecamatanاKaliwatesاKabupatenاJember.اTujuanاdariاpenelitianاiniاadalah
untuk mengetahui pengaruh permainan ‘’Stacking Block’’ terhadap kemampuan
pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’an kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Ilmu Al-Qur’anا Kecamatanا Kaliwates
Kabupaten Jember, anak-anak kelompok B dari TK Ilmu Al-Qur’an yang
berjumlah 50 orang 25 dari kelas B1 dan 25 dari kelas B2, yang dijadikan sebagai
subjek penelitian. Desaian penelitian ini menggunakan desan penelitian quasi
exsperimental design dengan menggunakan model non-equivalent control group
design. Teknik sampel yang digunakan yaitu convenience sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan obeservasi dan dokumentasi. T-test sample
undependent adalah analisis data yang dipakai dalam penelitian kuantitatif ini.Menurut temuan penelitian, penaruh permainan ‘’Stacking Block’’ pada
anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’anاKecamatanاKaliwatesاKabupatenاJember
memiliki rata-rata nilai pretest 56,2 dan nilai posttest 83,8 Diperoleh hasil yang
telah dianalisis dengan bantuan SPSS 22 yaitu sebesar 2,348 yang kemudian
dikonsultasikan dengan ttabel. Untuk hasil dari ttabel 2,306. Ketentuan signifikansi
adalah thitung > ttabel maka dapat ditulis 2,348 > 2,306. Temuan ini menunjukkan
bahwa hipotesis alternatif Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak, yang
menunjukkan ada pengaruh permainan ‘’Stacking Block’’ terhadap kemampuan
pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan ‘’Stacking Block’’ untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu AlQur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Beberapa saran yang dapat diberikan kepada guru adalah permainan
‘’Stacking Block’’ sangat berguna untuk digunakan dalam kegiatan bermain di TK
Ilmu Al-Qur’anا Kecamatanا Kaliwates,ا untukا mengenalkanا kepadaا anakا tentang
permainan Pemecahan masalah jadi nantinya anak mampu belajar memecahkan
masalah melalui permainan ‘’Stacking Block’’. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama : Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd
. Pembimbing Anggota : Muhammad Haidlor, Lc., M.Pd.I. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | fakultas keguruan dan ilmu pendidikan | en_US |
dc.subject | Stacking Block | en_US |
dc.subject | Kemampun Pemecahan Masalah | en_US |
dc.title | ’Pengaruh Permainan “Stacking Block’’ terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan KaliwatesاKabupatenاJember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | pendidikan guru pendidikan anak usia dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd. M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Muhammad Haidlor. Lc., M.Pd.I. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 16 November 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Teddy | en_US |