Show simple item record

dc.contributor.authorHABIBA, Faizah
dc.date.accessioned2023-11-28T06:25:10Z
dc.date.available2023-11-28T06:25:10Z
dc.date.issued2023-06-12
dc.identifier.nim190210205097en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118852
dc.description.abstractPemecahan masalah yaitu sebuah langkah yang dilaksanakan anak untuk memakai keterampilan, pengetahuan, dan pemahamannya agar dicapai hal yang diinginkan. Kemampuan masalah yang dialami oleh anak dimulai dari aktivitas psikis dan fisik yang dilaksanakan oleh anak. Untuk menumbuhkan sifat kretif dalam pemecahan masalah pada kelompok B, maka anak-anak di kenalkan dengan permaian ‘’Stacking Block’’ guna melatih anak dalam menyelesaikan permasalahan melalui permainan yang di mainkan. Berdasaran latar belakang penelitian ini, maka di rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah terdapat pengaruh permainan ‘’Stacking Block’’ terhadap kemampuan pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu AlQur’anاKecamatanاKaliwatesاKabupatenاJember.اTujuanاdariاpenelitianاiniاadalah untuk mengetahui pengaruh permainan ‘’Stacking Block’’ terhadap kemampuan pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’an kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di TK Ilmu Al-Qur’anا Kecamatanا Kaliwates Kabupaten Jember, anak-anak kelompok B dari TK Ilmu Al-Qur’an yang berjumlah 50 orang 25 dari kelas B1 dan 25 dari kelas B2, yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Desaian penelitian ini menggunakan desan penelitian quasi exsperimental design dengan menggunakan model non-equivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi dan dokumentasi. T-test sample undependent adalah analisis data yang dipakai dalam penelitian kuantitatif ini.Menurut temuan penelitian, penaruh permainan ‘’Stacking Block’’ pada anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’anاKecamatanاKaliwatesاKabupatenاJember memiliki rata-rata nilai pretest 56,2 dan nilai posttest 83,8 Diperoleh hasil yang telah dianalisis dengan bantuan SPSS 22 yaitu sebesar 2,348 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel. Untuk hasil dari ttabel 2,306. Ketentuan signifikansi adalah thitung > ttabel maka dapat ditulis 2,348 > 2,306. Temuan ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak, yang menunjukkan ada pengaruh permainan ‘’Stacking Block’’ terhadap kemampuan pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan ‘’Stacking Block’’ untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak kelompok B di TK Ilmu AlQur’an Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Beberapa saran yang dapat diberikan kepada guru adalah permainan ‘’Stacking Block’’ sangat berguna untuk digunakan dalam kegiatan bermain di TK Ilmu Al-Qur’anا Kecamatanا Kaliwates,ا untukا mengenalkanا kepadaا anakا tentang permainan Pemecahan masalah jadi nantinya anak mampu belajar memecahkan masalah melalui permainan ‘’Stacking Block’’.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd . Pembimbing Anggota : Muhammad Haidlor, Lc., M.Pd.I.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherfakultas keguruan dan ilmu pendidikanen_US
dc.subjectStacking Blocken_US
dc.subjectKemampun Pemecahan Masalahen_US
dc.title’Pengaruh Permainan “Stacking Block’’ terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Kelompok B di TK Ilmu Al-Qur’an Kecamatan KaliwatesاKabupatenاJemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodipendidikan guru pendidikan anak usia dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd. M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Muhammad Haidlor. Lc., M.Pd.I.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 16 November 2023en_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record