dc.contributor.author | MAULIDINA, Izza Fauziah | |
dc.date.accessioned | 2023-10-19T23:40:49Z | |
dc.date.available | 2023-10-19T23:40:49Z | |
dc.date.issued | 2023-01-19 | |
dc.identifier.nim | 190210104074 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118377 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl. 20 Oktober 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran yang memiliki karakteristik sangat kompleks dan
mengarahkan siswa berpikir kritis dalam melakukan analisis terhadap suatu
pembelajaran adalah pembelajaran IPA. Ilmu Pengetahuan Alam adalah proses
pembelajaran dalam mempersiapkan peserta didik menguasai teknologi, mampu
berpikir kritis, berpikir logis, kreatif, dan komprehensif ketika menyelesaikan
masalah secara ilmiah. LKPD eletronik (e-LKPD) mampu menjadi salah satu media
pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dimana didalamnya terdapat
gambar, video-video, dan animasi menarik lainnya sehinga membantu menarik
atensi siswa agar tidak bosan dan berminat dalam melakukan kegiatan
pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran menggunakan e-LKPD juga adalah
sebuah upaya untuk menjawab tantangan perkembangan abad ke-21 yang berbasis
teknologi. Salah satu teknologi yang mampu merubah LKPD cetak menjadi
elektronik yaitu website liveworksheet. Liveworksheet dapat mengubah LKPD yang
semula dapat dicetak menjadi latihan online interaktif yang sekaligus dapat
membantu guru untuk mengoreksi jawaban siswa secara otomatis. E-LKPD
berbasis liveworksheet sangat mudah diakses tanpa harus menginstal dan mendaftar
aplikasi terlebih dahulu, dapat memberikan video pada lembar kerja dan membuat
tampilan dari lembar kerja menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, pembelajaran
IPA akan menjadi konsep pembelajaran yang tepat untuk digunakan pengembangan perangkat LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan
keefektifan e-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA SMP. Jenis penelitian pengembangan
dengan menggunakan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analyze, design,
develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang diterapkan dalam
penelitian yakni teknik analisis data validitas dengan instrumen lembar validasi
untuk mengetahui kevalidan produk. Teknik analisis data kepraktisan dengan
menggunakan lembar observasi keterlaksanaan untuk mengetahui kepraktisan
produk yang digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data efektivitas
dengan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk
dalam meningkatkan keterampialan berpikir kritis yang diukur menggunakan N gain, serta dengan instrumen angket respon siswa yang telah menggunakan e LKPD berbasis liveworksheet. Hasil dari validitas e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan
instrumen lembar validasi dari perhitungan rata-rata tiga validator menunjukkan
bahwa presentase validitas sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari
kepraktisan e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrumen
lembar observasi keterlaksanaan dilakukan oleh tiga orang observer memperoleh
nilai rata-rata 95% dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat dinyatakan
terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas e-LKPD berbasis liveworksheet dilihat
dari rata-rata pre-test dan post-test yang menggunakan indikator keterampilan
berpikir kritis menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,73 yang
termasuk dalam kriteria tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang
dikembangkan siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis.
Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa
terhadap e-LKPD mendapat respon yang positif dengan nilai sebesar 89% masuk
ke dalam kategori sangat baik | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | E-LKPD | en_US |
dc.subject | LIVEWORKSHEET | en_US |
dc.subject | BERPIKIR KRITIS | en_US |
dc.title | Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA SMP | en_US |
dc.title.alternative | Development E-LKPD Based of Liveworksheet to Improve Student's Critical Thinking Skills in Junior High School Science Learning | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |