Show simple item record

dc.contributor.authorPRATAMA, Andrean
dc.date.accessioned2023-08-07T03:39:59Z
dc.date.available2023-08-07T03:39:59Z
dc.date.issued2023-05-11
dc.identifier.nim180210204057en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117476
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.description.abstractAjaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar diterapkan melalui kurikulum 2013 (K13) sebagai sarana melatih kemampuan, mengasah keterampilan menalar, dan berorientasi dalam pembelajaran menulis. Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu untuk memperbaiki dan melatih kemampuan berkomunikasi secara lisan maupun tulis. Upaya guru mengasah keterampilan berbahasa peserta didik yaitu memanfaatkan teknologi. Perkembangan informasi dan teknologi komunikasi sangat pesat, demikian dalam dunia pendidikan. Guru direkomendasikan untuk mencetuskan ide dan inovasi dalam kegiatan pembelajaran supaya peserta didik dapat lebih aktif dalam belajar. Peran teknologi dapat memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran, salah satunya dengan dikembangkannya LKPD. LKPD sebagai media pembelajaran perlu disajikan lebih unik dan menarik. Pengajaran Bahasa Indonesia yang masih belum dipahami peserta didik adalah menulis paragraf. Pembelajaran menulis paragraf memiliki tingkat kesulitan tersendiri, tidak hanya peserta didik sekolah dasar saja, bahkan berbagai kalangan masih kesulitan dalam menuliskan paragraf karya pribadi. Media pembelajaran berupa LKPD yang unik dan menarik memudahkan peserta didik berlatih menulis paragraf. Pengembangan LKPD ini menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses pengembangan LKPD berbasis Conetxtual Teaching and Learning?; 2) Bagaimanakah validitas pengembangan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kemampuan menulis pargraf peserta didik kelas IV?; 3) Bagaimanakah efektivitas Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui hasil pengembangan LKPD berbasis Contextual Teaching And Learning untuk kemampuan menulis paragraf; 2) mengetahui validitas LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kemampuan menulis paragraf; 3) mengetahui efektivitas pengembangan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning untuk kemampuan menulis paragraf. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D. Prosedur penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang diadopsi dengan menyesuaikan pada penelitian pengembangan yang dilakukan, sehingga tahapan pada penelitian ini terdiri dari 8 tahap, diantaranya (1) tahap pengumpulan data; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan produk; (4) tahap validasi; (5) tahap uji coba produk; (6) tahap revisi produk; (7) tahap uji pemakaian produk; (8) tahap revisi akhir produk. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 6 Jajag banyuwangi. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi, data hasil tes, dan data hasil angket respon peserta didik. Validitas produk ini dihasilkan dari penilaian validator ahli dan validator praktisi dengan persentase valid yang didapat dari perolehan rata-rata sebesar 93,2%. Perolehan uji keefektifan memperlihatkan bahwa produk efektif untuk digunakan dalam pengajaran, ditunjukkan dengan perolehan belajar peserta didik yang naik sesuai perolehan nilai post-test peserta didik memperlihatkan rata-rata 97,5%. Keefektifan produk LKPD dilihat dari respon peserta didik, yang memperlihatkan bahwa LKPD berbasis CTL termasuk dalam kategori baik dan mendapatkan respon “positif”. Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, efektif, dan menarik serta layak digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun saran untuk pengembangan LKPD interaktif ini yaitu, untuk peneliti selanjutnya, LKPD berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) perlu ditambahkan penjelasan lebih rinci pada bagian kegiatan pembelajaran supaya peserta didik memahami tugas yang diberikan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dra. Suhartiningsih, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Zetti Finali, S.Pd., M.,Pden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.subjectLEMBAR KERJA PESERTA DIDIKen_US
dc.subjectKEMAMPUAN MENULISen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Kemampuan Menulis Paragraf Peserta Didik Kelas IV SDN 6 Jajag Tahun 2022en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Suhartiningsih, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 07en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record