dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | NASUTION, Abdul Fatah Ismail | |
dc.date.accessioned | 2023-04-14T06:12:57Z | |
dc.date.available | 2023-04-14T06:12:57Z | |
dc.date.issued | 2007-09-25 | |
dc.identifier.nim | 040803104276 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115376 | |
dc.description.abstract | Di era globalisasi ini berbagai macam perusahaan didirikan baik itu
perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, dan perusahaan jasa. Pada umumnya
perusahaan tersebut mempunyai tujuan yang ditetapkan yaitu memperoleh laba
{Profit Oriented). Keuntungan merupakan tolak ukur keberhasilan perusahaan dalam
menjalankan aktivitasnya, di lain pihak juga berguna untuk mempertahankan
kelangsungan hidup serta mengembangkan usaha yang telah dijalankan oleh
perusahaan.
Dalam menghadapi persaingan bisnis, ada beberapa macam cara dalam
memperoleh keuntungan, tergantung jenis perusahaan tersebut bergerak di bidang
apa. Seperti contohnya PT. BRI (Persero) merupakan salah satu perusahaan
perbankan yang menawarkan jasa.
PT. BRI (Persero) sebagai salah satu perusahaan perbankan terkemuka harus
menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat yaitu dengan
menawarkan produk / jasa perbankan yang dapat diterima oleh semua kalangan
masyarakat. Salah satu jasa tersebut adalah jasa Pengiriman Uang (transfer). Bank
akan memberikan jaminan kemudahan, kecepatan, dan keamanan serta biaya yang
relatif rendah atas pengiriman uang / transfer tersebut. Bahkan pada saat ini jasa
transfer dijadikan sebagai sarana promosi bagi bank melalui pelayanan transfer dan
pembebasan biaya transfer bagi nasabah tertentu, misalnya nasabah tabungan,
nasabah kredit, dan sebagainya.Uang merupakan sesuatu yang amat sangat
dibutuhkan oleh setiap orang pada saat ini. Mereka yang berjauhan dengan sanak
saudara atau teman maupun rekan bisnis seringkali kesulitan dalam memindahkan
dananya dari satu orang/instansi ke orang/instansi lain. Menyikapi hal ini PT. BRI
(Persero) menyediakan fasilitas pengiriman uang yang dapat dipergunakan oleh
nasabah BRI itu sendiri maupun masyarakat umum. Pengiriman uang melalui BRI
dapat dilakukan melalui BRI Cabang atau unit - unit lain yang dimiliki oleh BRI.Kegiatan pengiriman uang sangat berpengaruh terhadap seluruh kegiatan
perusahaan karena dalam kegiatan pengiriman uang terdapat kas masuk yang
didapat dari biaya pengiriman yang dikenakan terhadap pengirim. Selain itu
ketepatan pengiriman terhadap tujuan yang diinginkan serta keefektifan waktu
pengiriman juga menjadi penilaian tersendiri dari masyarakat. Agar perusahaan
terkoordinasi dengan baik dan menjalankan suatu perusahaan yang sehat
dibutuhkan suatu prosedur akuntansi yang baik. Hal ini dimaksudkan agar
memenuhi kebutuhan informasi keuangan dari berbagai pihak, baik pihak intern
perusahaan maupun pihak ekstern perusahaan. Begitu juga halnya pada PT. BRI
(Persero) Unit Tanggul, akuntansi sangat dibutuhkan dalam banyak hal yakni
pencatatan, peringkasan, penggolongan dan pelaporan transaksi keuangan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Ririn Irmadariani, M.si, Ak, selaku Dosen Pembimbing | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | PENGIRIMAN UANG | en_US |
dc.subject | PROSEDUR AKUNTANSI | en_US |
dc.title | Prosedur Akuntansi Pengiriman Uang Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Tanggul Cabang Jember | en_US |
dc.type | Laporan D3 | en_US |
dc.identifier.prodi | Akuntansi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ririn Irmadariani, M.si, Ak, | en_US |
dc.identifier.validator | taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | taufik | en_US |