Show simple item record

dc.contributor.authorSAPUTRI, Oktavia Wahyuni
dc.date.accessioned2023-02-27T08:23:15Z
dc.date.available2023-02-27T08:23:15Z
dc.date.issued2022-12-16
dc.identifier.nim180210302002en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112409
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 27 Februari 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractProblem solving merupakan salah satu hasil belajar yang dewasa ini kian mendapat perhatian dalam kebijakan dan praktik pendidikan di negeri ini. Pengamatan pra observasi di kelas X SMA Negeri Ambulu, kegiatan belajar dan mengajar di kelas masih cenderung monoton karena pendidik hanya mengajar dengan metode ceramah dan tidak berbantuan media pembelajaran, ketidaksenangan dan kebosanan peserta didik akan mengakibatkan kemampuan problem solving skill dan hasil belajar peserta didik menurun. Peran pendidik sejarah dibutuhkan untuk membangun, mengembangkan dan meningkatkan problem solving skill peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang relevan untuk memfasilitasi tumbuh kembangnya problem solving skill peserta didik adalah Learning Cycle 7E. Beberapa penelitian terdahulu menunjukan pembelajaran dengan model Learning Cycle 7E dianggap tepat untuk diimplementasikan pada pembelajaran dikarenakan berpusat pada peserta didik, membantu peserta didik mengembangkan hasil belajar dan pemecahan masalah pada mata pelajaran sejarah. Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan media prezi terhadap problem solving skill peserta didik kelas X dalam mata pelajaran sejarah ? (2) Bagaimana pengaruh model Learning Cycle 7E berbantuan media prezi terhadap hasil belajar peserta didik kelas X dalam mata pelajaran sejarah ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap problem solving skill dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah. Penelitian di harapkan mampu memberikan tambahan wawasan, pengetahuan, kompetensi, literasi, skill dalam teori maupun pratik terkait pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E media prezi pada problem solving skill dan hasil belajar peserta didik X mata pelajaran sejarah. Manfaat Penelitian: (1) Bagi peserta didik diharapkan mampu meningkatkan motivasi, minat belajar, problem solving skill dan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah, (2) Bagi pendidik diharapkan mampu membantu para pendidik untuk mengatasi permasalahan terkait kegiatan belajar mengajar mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan true experimental dengan model pretestposttest, non-equivalent control-group design. Sampel terdiri dari 70 peserta didik pada kelas X2 dan X4 di SMA Negeri Ambulu. Metode penelitian menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji ANACOVA dan uji lanjut LSD (Least Significant Different) berbantuan software SPSS 22 for windows. Hasil penelitian memperoleh : 1) . Terdapat pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan problem solving peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Hasil analisis uji ANACOVA pada variabel problem solving memperoleh nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 < 0,05. Perbedaan pengaruh kemampuan problem solving peserta didik antara model Learning Cycle 7E di kelas eksperimen dan model Problem based learning di kelas kontrol melalui uji LSD dengan nilai mean difference sebesar -6.200 pada kelas eksperimen dan sebesar -2.571 pada kelas kontrol. 2) Terdapat pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas. Hasil analisis uji ANACOVA pada variabel hasil belajar memperoleh nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000< 0,05. Perbedaan pengaruh hasil belajar peserta didik antara model Learning Cycle 7E di kelas eksperimen dan model problem based learning di kelas kontrol melalui uji LSD dengan nilai mean difference sebesar -9.543 pada kelas eksperimen dan sebesar - 7.143 pada kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan model Learning Cycle 7E berbantuan media Prezi berpengaruh lebih baik daripada problem based learning terhadap Problem solving skills peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Pengaruh signifikan juga lebih unggul terlihat dalam hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan berbantuan media prezi daripada penerapan model problem based learning. Saran Berdasarkan hasil penelitian, bagi pendidik, penggunaan model Learning Cycle 7E Bagi pendidik, dalam penggunaan model Learning Cycle 7E diharapkan merancang modul pembelajaran yang benar- benar sesuai dengan sintaks Learning Cycle 7E dengan memperhatikan waktu setiap sintaksnyaen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Nurul Umamah, M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Marjono, M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL LEARNING CYCLE 7Een_US
dc.subjectPROBLEM SOLVINGen_US
dc.subjectPELAJARAN SEJARAHen_US
dc.titlePengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan Media Prezi Terhadap Problem Solving dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Nurul Umamah M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs.Marjono, M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorKacung-26 Januari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record