Show simple item record

dc.contributor.authorAl MAJJID, Wahyu Perdana
dc.date.accessioned2022-08-26T07:16:37Z
dc.date.available2022-08-26T07:16:37Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.nim180210204121en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109118
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 26 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractUjian Sekolah (US) adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan satuan pendidikan untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar. Tes merupakan salah satu bentuk alat evaluasi untuk mengukur seberapa jauh tujuan pembelajaran telah tercapai, sehingga tes berarti evaluasi terhadap hasil belajar. Tes yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu: harus efisien, baku, memiliki norma, objektif, valid, dan reliabel. Taksonomi Bloom adalah suatu kerangka berpikir khusus yang kategorikategorinya merupakan satu kontinum. Salah satu mata pelajaran yang diujikan pada US jenjang SD/MI adalah matematika. Soal Ujian Sekolah tahun pelajaran 2019/2020 terdiri atas kisi-kisi yang sama dan diambil dari soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun pelajaran 2018/2019. Soal USBN matematika jenjang SD pada tahun pelajaran 2018/2019 sebelumnya telah dilakukan penelitian oleh Fauziah (2020) dengan menganalisis butir soal USBN tersebut berdasarkan taksonomi Bloom revisi, namun penelitian tersebut hanya berfokus pada dimensi kognitif. Penelitian yang dilakukan oleh Fauziah (2020) memperoleh hasil bahwa pada dimensi kognitif sebanyak: C2 (45,71%), C3 (45,71%), dan C4 (8,58%). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan soal-soal tersebut masih belum menggambarkan proses berpikir tingkat tinggi. Penelitian tersebut hanya meneliti mengenai aspek dimensi proses kognitif saja, sehingga penelitian yang dilakukan dengan meneliti aspek ruang lingkup materi matematika SD. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) berapakah persentase butir soal matematika pada US jenjang SD tahun pelajaran 2019/2020 berdasarkan dimensi kognitif taksonomi Bloom; (2) berapakah persentase butir soal matematika pada US jenjang SD tahun pelajaran 2019/2020 berdasarkan ruang lingkup materi matematika SD. Penelitian butir soal US matematika SD ini bertujuan untuk mengkaji persentase butir soal US matematika SD berdasarkan dimensi kognitif taksonomi Bloom dan mengkaji persentase butir soal US matematika SD berdasarkan ruang lingkup materi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan berupa angka yang merupakan persentase hasil analisis butir soal US matematika SD berdasarkan dimensi kognitif dan ruang lingkup materi. Penelitian ini menggunakan naskah soal US matematika jenjang SD tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar perekam data berupa tabel analisis distribusi soal. Berdasarkan analisis data butir soal diperoleh hasil yaitu: (1) dimensi kognitif pada mengingat sebanyak 6 soal (15%), memahami sebanyak 16 soal (40%), mengaplikasikan sebanyak 18 soal (45%), dan masing-masing dari menganalisis, memahami, dan mencipta sebanyak 0 soal (0%); (2) ruang lingkup materi materi matematika SD pada materi bilangan sebanyak 9 soal (22,5%), geometri dan pengukuran sebanyak 24 soal (60%), dan pengolahan data sebanyak 7 soal (17,5%). Butir soal pada soal US menekankan pada dimensi mengaplikasikan, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas dalam memecahkan soal US matematika SD tahun pelajaran 2019/2020 cenderung menggunakan prosedur. Pada ruang lingkup materi matematika SD mayoritas membahas mengenai geometri dan pengukuran, hal ini disebabkan karena indikator ruang lingkup materi geometri dan pengukuran yang cukup banyak dan cakupan materi geometri dan pengukuran lebih banyak daripada materi bilangan dan pengolahan data. Bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menyusun soal try out untuk peserta didik. Bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan penelitian yang relevan. Bagi MGMP, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan acuan dalam menyusun soal US pada tahun ajaran yang akan datangen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dra. Titik Sugiarti, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSOAL MATEMATIKAen_US
dc.subjectUJIAN SEKOLAHen_US
dc.subjectTAKSONOMI BLOOMen_US
dc.titleAnalisis Butir Soal Matematika pada Ujian Sekolah Jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020 Berdasarkan Taksonomi Bloomen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dra. Titik Sugiarti, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record