Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99932
Title: Tindak Bahasa Pada Caption Akun “Teras Dakwah” di Instagram
Authors: ANDIANTO, Mujiman Rus
WIDJAJANTI, Anita
FITRIANI, Nadya Rahma
Keywords: Tindak Bahasa
Caption Akun
Teras Dakwah
Instagram
Issue Date: 2019
Series/Report no.: 120210402069;
Abstract: Bahasa merupakan alat komunikasi antaranggota masyarakat yang berupa sistem lambang bunyi yang bermakna yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Penggunaan bahasa dalam kegiatan berkomunikasi merupakan salah satu kajian ilmu pragmatik. Ada beberapa lingkup kajian yang dipelajari dalam pragmatik. Konteks tutur merupakan latar belakang pengetahuan yang dimiliki bersama dan disetujui bersama oleh penutur dan mitra tutur yang menunjang interpretasi mitra tutur terhadap apa yang dimaksud pembicara dengan suatu ucapan tertentu. Kalimat-kalimat yang disisipkan pada gambar atau video biasa disebut dengan caption. Caption berasal dari Bahasa Inggris yang artinya adalah keterangan. Salah satu caption yang menarik untuk disimak adalah caption yang terdapat pada akun Teras Dakwah di Instagram. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah tindak asertif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram?; (2) Bagaimanakah tindak direktif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram?; (3) Bagaimanakah tindak ekspresif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram?; (4) Bagaimanakah tindak komisif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram?; dan (5) Bagaimanakah tindak deklaratif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram?. Tujuannya adalah mendeskripsikan tentang: (1) tindak asertif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram; (2) tindak direktif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram; (3) tindak ekspresif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram; (4) tindak komisif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram; dan (5) tindak deklaratif pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram. Rancangan penelitian adalah kualitatif adapun jenis penelitiannya adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini yang dianalisis adalah data berupa segmen tutur beserta konteks pada caption akun instagram Teras Dakwah yang diindikasikan mengandung tindak bahasa. Sumber data pada penelitian ini berupa gambar yang memuat tuturan pada caption akun instagram Teras Dakwah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan satu teknik, yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga jenis kegiatan yang harus dilakukan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan tindak bahasa pada caption akun “Teras Dakwah” di Instagram ditemukan beberapa tindak bahasa meliputi: a) tindak asertif: memberitahukan, mengemukakan pendapat, menegaskan, menyatakan, mengumumkan, dan membanggakan; b) tindak direktif: mengajak, menasehati, dan memerintah; c) tindak ekspresif: mengkritik dan memuji; d) tindak komisif: memanjatkan doa; dan e) tindak deklaratif: melarang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disampaikan saran sebagai berikut: 1) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hendaknya membaca hasil penelitian ini untuk menambah wawasan sebagai bahan diskusi yang berkaitan tentang pragmatik khususnya tindak bahasa sehingga dapat menambah wawasan tentang penggunaan tindak bahasa yaitu tindak asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif, dan 2) Peneliti yang sebidang ilmu hendaknya mengembangkan pemahaman dan kajian penelitian tentang tindak bahasa, seperti yang terdapat pada media sosial facebook, instagram, youtube, twitter, dan lain sebagainya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99932
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nadya Rahma Fitriani - 120210402069_.pdf2.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools