Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99909
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SETIAWAN, Toto’ Bara | - |
dc.contributor.advisor | MONALISA, Lioni Anka | - |
dc.contributor.author | MOHAMMAD | - |
dc.date.accessioned | 2020-07-23T02:14:04Z | - |
dc.date.available | 2020-07-23T02:14:04Z | - |
dc.date.issued | 2020 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99909 | - |
dc.description.abstract | Etnomatematika adalah suatu penelitian yang dapat mengaitkan antara matematika atau pendidikan matematika dan hubungannya dengan bidang sosial dan latar belakang budaya, yaitu penelitian yang menunjukkan bagaimana matematika dihasilkan, ditransferkan, disebarkan, dan dikhususkan dalam berbagai macam sistem budaya. Kajian etnomatematika dalam pembelajaran matematika mencakup segala bidang: arsitektur, tenun, jahit, pertanian, hubungan kekerabatan, ornamen, spiritual dan praktik keagamaan sering selaras dengan pola yang terjadi di alam atau memerintahkan sistem ide-ide abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pada pembuatan kerajinan anyaman bambu di Desa Jatisari Lumajang. Hal-hal yang didapatkan pada penelitian ini membentuk suatu bahan ajar geometri yakni Paket Soal Tes dengan topik Etnomatematika. Penelitian ini dilakukan di Desa Jatisari Lumajang kepada kelompok “Sekar Wangi” yang sehari-hari meluangkan waktunya sebagai pengrajin anyaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi unsur matematika yang dikaitkan konspe geometri pada pembuatan pada pembuatan kerajinan anyaman bambu di Desa Jatisari Lumajang. Adapun beberapa tahap dalam penelitian ini untuk meraih hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan penelitian, yakni tahap pertama adalah pendahuluan, tahap pertama ini digunakan untuk menentukan permasalahan yang dijadikan objek penelitian, tempat penelitian. Tahapan kedua yaitu membuat instrumen penelitian yang digunakan sebagai pedoman observasi dan pedoman wawancara. Tahapan ketiga adalah draf instrumen yang berisi tentang rancangan dari suatu instrumen penelitian yang diajukan. Tahapan keempat validasi instrumen, intrume yang telah dibuat divalidasi ke validator. Tahap selanjutnya pengumpulan data yang telah diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara untuk memperoleh data dan informasi terkait pembuatan kerajinan anyaman. Data yang sudah diperoleh dianalisis dan digunakan untuk menjawab semua permasalahan dalam penelitian, serta mengindentifikasi aspek-aspek matematika. Tahapan selanjutnya membuat kesimpulan dari analisis data yang didapat pada tahapan sebelumnya. Tahapan terakhir yaitu membuat bahan ajar berbentuk paket tes yang berisi soal-soal yang berkaitan dengan etnomatematika pada pembuatan kerajinan anyaman bambu di Desa Jatisari Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh etnomatematika pada kegiatan mengukur, menghitung, dan mendesain. Etnomatematika pada kegiatan mengukur muncul saat pengrajin menentukan kualitas bambu yang dimulai memilih bambu apus, melihat usia bambu tersebut yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, bambu apus yang bagus juga bisa dilihat dari ukuran panjang dan lebar bambu. Pengrajin dalam menentukan ukuran tebal/tipisnya yang digunakan untuk meraut bambu terdapat ukuran sendiri dengan fungsi dari setiap anyaman. Etnomatematika pada kegiatan menghitung muncul saat pengrajin menghasilkan upah dari pembuatan kerajinan anyaman, etnomatematika pada kegiatan mendesain muncul saat pengrajin ingin membentuk suatu kerajinan yang diawali dengan menentukan pola yang diinginkan, mendesain mal agar mengalami kemudahan saat memotong kerajinan anyaman, dan membentuk kerajinan menggunakan blengker agar kerajinan bisa terbentuk menjadi kerajinan tiga dimensi serta memiliki fungsi dan nilai jual yang cukup tinggi. Hasil penelitian ini dibuat produk bahan ajar geometri yang berupa paket soal tes yang diberikan pada siswa SMP kelas 7 tentang bangun datar, bangun ruang, dan dikaitkan dengan materi perbandingan | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 160210101084; | - |
dc.subject | Etnomatematika | en_US |
dc.subject | Kerajinan | en_US |
dc.subject | Anyaman Bambu | en_US |
dc.subject | Geometri | en_US |
dc.title | Etnomatematika Pada Pembuatan Kerajinan Anyaman Bambu di Desa Jatisari Lumajang Sebagai Bahan Ajar Geometri | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mohammad - 160210101084_.pdf | 2.58 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools