Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99902
Title: Etnomatematika Pada Batik Khas Lumajang Sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa
Authors: SETIAWAN, Toto’ Bara
SUGIARTI, Titik
AYUSARI, Melati
Keywords: Etnomatematika
Batik Khas Lumajang
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 160210101065;
Abstract: Geometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat pada lingkungan sekitar diantaranya konstruksi bangunan, meja, kursi yang menggunakan konsep dasar geometri. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap pembuatan dan pengembangan desain batik. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa teknik yang mungkin digunakan dalam pembuatan motif dasar suatu batik, salah satunya yaitu dengan melakukan penggabungan ilmu dasar geometri dalam seni kerajinan batik sehingga membangkitkan motif batik yang beragam. Konsep bahwa matematika berperan pada aktivitas masyarakat yakni membatik merupakan pengertian dari etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada batik khas Lumajang berdasarkan konsep geometri. Hasil dari penelitian dijadikan sebagai bahan pembuatan lembar kerja siswa. Tempat yang dipilih untuk penelitian ini yaitu Rumah Produksi Batik Faza Darungan kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang. Alasan dipilihnya tempat penelitian tersebut karena Rumah Produksi Batik Faza Darungan kecamatan Yosowilangun yang merupakan daerah penghasil batik di Lumajang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 November 2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi oleh dua orang observer, wawancara dengan dua orang pembatik, dan dokumentasi. Motif batik khas Lumajang yang diproduksi pada rumah produksi batik Faza Darungan didominasi dengan pisang yang merupakan ikon kabupaten Lumajang. Pada setiap batik yang diproduksi selalu mengandung unsur tumbuhan pisang mulai Lumajang seperti pasir dan bambu. Berdasarkan analisis hasil observasi dan wawancara, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa konsep matematika khususya bidang geometri yang dihasilkan dengan kata lain etnomatematika yang tampak pada batik khas Lumajang antara lain titik, garis, sudut, bangun datar, kesebangunan dan kekongruenan, serta transformasi geometri. Pada batik motif pisang khas Lumajang ini etnomatematika yang ditemukan yaitu pada proses mendesain dan membatik. Etnomatematika tersebut apabila ditinjau dari konsep geomteri, konsep titik yang dihasilkan yaitu pada saat proses isen, penorehan titik dengan menggunakan canting, sedangkan konsep garis tampak saat pembatik membuat ornamen ruas bambu dan tulang daun. Pada batik juga terlihat konsep sudut yaitu dari perpotongan garis-garis yang terdapat pada ornamen bambu. Ditemukan juga konsep bangun datar pada batik khas Lumajang yaitu macam-macam segitiga, lingkaran, belah ketupat dan trapesium. Konsep kesebangunan terlihat saat terdapat dua ornamen yang memiliki bentuk yang sama namun ukuran berbeda sedangkan konsep kekongruenan ketika dua ornamen bentuk dan ukuran yang sama. Aktivitas menggeser dan menjiplak pola merupakan konsep transformasi yaitu translasi. Aktivitas membalik pola lalu menjiplak merupakan konsep refleksi. Konsep rotasi muncul saat memutar dan menjiplak pola di atas kain. Konsep dilatasi yang terdapat pada saat pembuatan pola dengan bentuk yang sama namun merubah ukuran. Dari hasil penelitian ini dibuat produk berupa lembar kerja siswa dengan materi geometri transformasi untuk siswa SMA/MA/SMK kelas XI. Lembar kerja siswa berisi kompetensi dasar dan indikator pencapaian pembelajaran, sejarah batik khas Lumajang Lembar kerja siswa terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, siswa diberikan ilustrasi tentang aktivitas pembatik membuat batik dengan menggunakan konsep transformasi geometri setelah itu diberikan soal. Bagian kedua yaitu mendesain batik dengan menerapkan konsep geometri.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99902
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Melati Ayusari - 160210101065_.pdf4.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools