Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99892
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWIDODO, Joko-
dc.contributor.advisorZULIANTO, Mukhamad-
dc.contributor.authorLESTARI, Mita-
dc.date.accessioned2020-07-22T06:14:16Z-
dc.date.available2020-07-22T06:14:16Z-
dc.date.issued2019-03-25-
dc.identifier.nimNIM 150210301060-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99892-
dc.description.abstractGallery Batik Sisikmelik adalah salah satu usaha di bidang fashion batik yang ada di Kabupaten Banyuwangi yang menjual berbagai macam produk kain batik, baju jadi yang berbahan dasar batik serta menerima jahitan sesuai permintaan dari konsumen, baik motif, ukuran, model sesuai dengan permintaan konsumen. Produsen menjalankan usaha tersebut menggunakan komunikasi pemasaran terpadu sebagai cara untuk mengenalkan produknya kepada calon konsumen. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh produsen diantaranya periklanan melalui media cetak seperti spanduk dan reklame ruang ruangan, media elektronik seperti siaran radio dan TV, dan melalui media internet seperti instagram, facebook, dan whatsApp, penjualan personal, promosi penjualan berupa pemberikan voucher belanja dan diskon yang tidak hanya diberikan di outlet saja namun diberikan melalui akun instagram, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan pemasaran via internet. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi sebagai informan utama, dimana informan utama dalam penelitian ini meliliki kewenangan dalam menentukan strategi dan mempertimbangkan penggunaan media komunikasi pemasaran terpadu yang akan digunakan, dan informan pendukung dalam penelitian ini ada 3 orang konsumen dan 1 orang karyawan dari Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan oleh Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan kuantitas penjualan yaitu yang pertama dengan penggunakan periklanan melalui berbagai media diantaranya media cetak berupa Koran, brosur, dan kartu nama, media internet berupa instagram dan facebook. Kedua, dengan penjualan personal dalam bentuk pemberian pelayanan yang maksimal kepada konsumen yang datang langsung ke Gallery. Ketiga, dengan memberikan promosi penjualan berupa voucher belanja bagi pelanggan tetap Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi, pemberian diskon bagi pembeli yang melakukan pembelian di atas 15 pcs, pemberian diskon 10% setiap melakukan pembelian bagi yang mempunyai member card, dan pemberian diskon sebesar 80% dalam rangka Road to Anniversary Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi yang ke 5 tahun, serta dengan mengikuti kegiatan seperti Banyuwangi Ethno Carnival dan Banyuwangi Batik Festival. Keempat, Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi juga menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat maupun konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan citra baik dari masyarakat agar menarik minat calon konsumen untuk melakukan pembelian. Kelima, Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi memasarkan produknya secara langsung kepada masyarakat tanpa melalui distributor atau perantara. Keenam, Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangi tidak hanya melakukan kegiatan pemasaran secara konvensional saja, namun juga memlalu media internet yang dapat digunakan sebagai media komunikasi pemasaran melalui instagram, dan facebook.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectPemasaran Terpaduen_US
dc.subjectGaleri Batik SisikMeliken_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Gallery Batik Sisikmelik Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomi-
dc.identifier.kodeprodi0210301-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MITA LESTARI -150210301060.pdf3.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools