Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99740
Title: | Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Inkuiri disertai Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA |
Authors: | MAHARDIKA, I Ketut YUSHARDI WARDANI, Putri Okta |
Keywords: | Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Inkuiri disertai Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Ilmiah Siswa SMA |
Issue Date: | Mar-2020 |
Publisher: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
Abstract: | Pada pembelajaran kurikulum 2013 sikap, proses, produk, dan aplikasi pada pembelajaran fisika tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Siswa diharapkan dapat mengalami secara nyata sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga hakikat fisika dapat dirasakan siswa pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, siswa dituntut untuk dapat melakukan kegiatan pengulangan pengkajian materi fisika sebagai wujud pengetahuan proses yang didalamnya bekerja dengan prosedur ilmiah yang secara tidak langsung menuntut siswa untuk menggunakan kemampuan penalaranya dalam menjawab persoalan. Penalaran merupakan aktivitas berpikir tingkat tinggi untuk menarik suatu kesimpulan atau membuat pernyataan baru berdasarkan beberapa pernyataan yang telah diasumsikan sebelumnya. Namun hasil beberapa studi menunjukkan bahwa kemampuan bernalar siswa masih rendah dikarenakan guru belum pernah mengembangkan bahan ajar yang mampu untuk melatih kemampuan bernalar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar berupa buku ajar fisika yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99740 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Putri Okta Wardani - 180220104030_.pdf | 11.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.