Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9969
Title: MODEL OBSERVASI DAN SIMULASI (OBSIM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DALAM MENGAJAR
Authors: Indrawati
Keywords: Obsim Model, Physics lesson plan, clarity physics teaching skill
Issue Date: 18-Dec-2013
Series/Report no.: Jurnal Ilmu Pendidikan;Jilid 17 Nomor 4 Februari 2011
Abstract: Penelitian tentang model observasi dan simulasi (Obsim) untuk meningkatan kemampuan mengajar mahasiswa pendidikan fisika mempunyai dua tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan bagaimana Model Obsim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran. Kedua, untuk mendeskripsikan bagaimana Model Obsim dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengajar fisika jelas. Subyek penelitian adalah43 orang mahasiswa Program Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember semester V yang menempuh matakuliah Perencanaan Pembelajaran tahun ajaran 2008-2009. Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan siklus-siklus. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, asesmen otentik, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif, dengan menggunakan normalized gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Obsim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran dan mengimplementasikannya dari kategori sedang ke kategori tinggi selama simulasi yang diberikan dosen disajikan dengan jelas, mahasiswa berpartisipasi aktif dalam diskusi, sering berlatih dan umpan balik selalu diberikan setelah mahasiswa presentasi mengajar.
Description: Akreditasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 43/DIKTI/Kep/2008 tanggal 8 Juli 2008
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9969
ISSN: 0215-9643
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JIP.pdf13.79 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.