Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99677
Title: | Status Kesehatan Periodontal dan Tingkat Kebutuhan Perawatan Periodontal pada Siswa Tunanetra di SLB Negeri Patrang dan SLB-A TPA Kabupaten Jember |
Authors: | BUDIRAHARDJO, Roedy SULISTYANI DEWI, Ni Luh Putu Diah Laksmi |
Keywords: | Status Kesehatan Periodontal dan Tingkat Kebutuhan Perawatan Periodontal pada Siswa Tunanetra di SLB Negeri Patrang dan SLB-A TPA Kabupaten Jember |
Issue Date: | 20-Feb-2020 |
Publisher: | FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI |
Abstract: | Tunanetra atau dalam bahasa Inggris disebut visually impaired, merupakan istilah yang digunakan bagi orang yang mengalami kebutaan total dan low vision (memiliki kemampuan penglihatan yang rendah akibat moderate or severe visual impairment). Terdapat banyak hal yang merupakan efek dari visual impaired, namun salah satu yang paling sering ditemukan yaitu ketidakmampuan penyandang tunanetra dalam menjaga kesehatan rongga mulut. Usaha menjaga kesehatan rongga mulut yang kurang adekuat dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya yaitu penyakit periodontal. Belum ada penelitian pasti akan tingkat keparahan penyakit periodontal pada penyandang disabilitas, terutama pada tunanetra, padahal perlu dilakukan perawatan yang tepat dalam menangani penyakit periodontal sebelum penyakit ini berkembang menjadi semakin parah. Kabupaten Jember sendiri memiliki Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan beberapa siswa tunanetra. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara status kesehatan periodontal dan tingkat kebutuhan perawatan penyakit periodontal pada siswa tunanetra di SLB-A TPA dan SLB Negeri Patrang Kabupaten Jember. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99677 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Dentistry |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ni Luh Putu Diah Laksmi Dewi - 161610101087_.pdf | 3.21 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools