Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9935
Title: PENERAPAN MODEL OBSIM (OBSERVASI-SIMULASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBER DALAM MENGKONSTRUK TES HASIL BELAJAR FISIKA SMA
Authors: Indrawati
Keywords: Model OBSIM (Observasi-Simulasi)
Issue Date: 18-Dec-2013
Abstract: Makalah ini membicarakan tentang penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penerapan Model Obsim untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember dalam mengkonstruk tes hasil belajar fisika”. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mahasiswa Prodi pendidikan Fisika semester genap tahun ajaran 2008/2009 dalam mengkonstruk tes hasil belajar fisika SMA dengan pembelajaran model Obsim dan untuk mendeskripsikan bagaimana model itu dalam proses meningkatan kemampuan mahasiswa untuk mengkonstruk tes. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi pendidikan Fisika semester genap tahun ajaran 2008/2009 yang menempuh matakuliah Evaluasi Hasil Belajar Fisika, sebanyak 45 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah obervasi, tes, dan wawancara. Peningkatan kemampuan mengkonstruk tes hasil belajar dihitung dengan menggunakan normalized gain (Ng). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model obsim dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruk tes hasil belajar fisika pada kategori sedang untuk siklus pertama dan pada kategori tinggi untuk siklus kedua. Peningkatan tersebut dicapai karena ada contoh, ada pengayaan, ada latihan, dan ada umpan balik.
Description: PROSIDING Seminar Nasional "Membangun Masyarakat Melek (Literate) Sains yang Berbudaya dan Berkarakter Bangsa melalui Pembelajaran Sains" Program Studi Pendidikan IPA Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang, 16 April 2011
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9935
ISBN: 978-602-99075-0-6
Appears in Collections:Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
proceding semnas IPA II_389.pdf120.05 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.