Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99309
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | LATHIEF, Misno A. | - |
dc.contributor.advisor | KHUTOBAH | - |
dc.contributor.author | RAHMAWATI, Ilviah | - |
dc.date.accessioned | 2020-06-23T13:38:50Z | - |
dc.date.available | 2020-06-23T13:38:50Z | - |
dc.date.issued | 2019-12-23 | - |
dc.identifier.nim | NIM160210205027 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99309 | - |
dc.description.abstract | Manajemen kelas model sentra merupakan usaha dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengelola kelas sentra dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan sentra yang kondusif serta mempertahankan situasi dan kondisi sentra yang kondusif dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan pembelajaran sentra. Manajemen kelas model sentra yang dapat dilakukan oleh guru yakni dengan mengatur atau menata ruang sentra yang terdiri atas penataan alat dan bahan, pemilihan alat dan bahan serta cara merawat alat dan bahan, pengaturan anak serta menciptakan iklim kelas yang efektif dan efisien dalam mengelola sentra. Penataan dan pengaturan disesuaikan dengan masing-masing jenis sentra, selain itu cara guru dalam mengelola sentra juga mempengaruhi keberhasilan dari adanya manajemen sentra itu sendiri, guru sebagai fasilitator di dalam kelas memiliki cara-cara dan keputusan yang berbeda-beda dalam menangani serta mengatur kelas sentranya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi manajemen kelas model sentra kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui implementasi manajemen kelas model sentra kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelompok B masing-masing sentra di TK ABA 1 Kaliwates yang terdiri atas guru sentra seni dan kreativitas, sentra persiapan, sentra balok serta sentra sains dan bahan alam yang berjumlah 4 responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa manajemen kelas model sentra yang dilakukan oleh masing-masing guru kelas sentra di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 sudah dilaksanakan secara baik. Kemampuan guru dan pemahaman guru tentang manajemen sentra mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengatur serta menata ruang kelas sentra agar menjadi kondusif dan mampu untuk menciptakan lingkungan belajar dan bermain yang menyenangkan bagi anak usia dini, jenis sentra kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates ini terdiri atas sentra seni dan kreativitas, sentra persiapan, sentra balok serta sentra sains dan bahan alam, manajemen kelas masing-masing sentra memiliki karakteristik yang berbeda antara sentra satu dengan yang lainnya, karakteristik yang dapat dilihat di sini adalah terkait dengan pengaturan dan penataan ruang kelas sentra, serta cara dari setiap guru yang berbeda dalam mengatur anak dan menciptakan iklim kelas sentra untuk mencapai tujuan manajemen sentra yakni menciptakan suasana kondusif dan mempertahankannya hingga akhir pembelajaran. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas model sentra di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 terlaksana dengan baik. Saran yang dapat diberikan kepada guru adalah guru hendaknya lebih mengembangkan dan menyalurkan ide atau kemampuannya dalam mengelola sentra untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak, guru lebih meningkatkan pemahaman mengenai manajemen sentra agar kegiatan dalam sentra lebih variatif, serta guru hendaknya dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman terkait dengan pengadaan alat dan bahan, pengaturan anak serta kemampuan menciptakan iklim kelas yang mendukung sehingga kualitas pendidikan dalam sentra akan meningkat. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Manajemen Kelas | en_US |
dc.subject | Manajemen Sentra | en_US |
dc.subject | Manajemen Kelas Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Implementasi Manajemen Kelas Model Sentra Kelompok B di TK ABA 1 Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0210205 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ILVIAH RAHMAWATI-160210205027.pdf | 2.2 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools