Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99292
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorZAHROUL, Chumi-
dc.contributor.advisorFINALI, Zetti-
dc.contributor.authorAZIZ, Ghafiruna Al-
dc.date.accessioned2020-06-23T03:38:08Z-
dc.date.available2020-06-23T03:38:08Z-
dc.date.issued2020-02-04-
dc.identifier.nimNIM160210204065-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99292-
dc.description.abstractInteraksi sosial adalah hubungan atau komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan untuk saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Pengaruh video animasi yang suka mempertontonkan kekerasan, bicara kotor terhadap interaksi sosial pada anak usia dini ternyata memberikan pengaruh negatif bagi tontonan bagi peserta didik. Maka perlu diberikan pemahaman yang baik kepada anak untuk lebih selektif dalam memilih tontonan video atau aplikasi yang terdapat di dalamnya berupa proses edukasi interaksi. Rumusan masalah adalah bagiamana film animasi Si Nopal dapat mendukung interaksi sosial pada siswa SDN Tunjung 02 Lumajang. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis film animasi Si Nopal untuk mendukung interaksi sosial pada siswa SDN Tunjung 02 Lumajang. Film animasi yang diambil sebagai bahan penelitian adalah "Animasi Nopal". Objek penelitian adalah video animasi pada 10 episode video animasi si Nopal. Subjek penelitian adalah siswa berusia anatara 11 tahun sampai 12 tahun pada SDN Tunjung 02 Lumajang karena siswa pada usia ini masih masa imitasi atau meniru keadaan yang ada di lingkungan, selain itu siswa berusia tersebut memilki waktu menonton sangat tinggi sehingga memungkinkan banyak tontonan dia lihat di kehidupan sehari-hari. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Tahap-tahap teknik dokumentasi yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalan penelitian ini meliputi: mengunduh video animasi Si Nopal pada laman Youtube.com, memilih episode-episode video animasi si Nopal memuat interaksi sosial, mencermati interaksi sosial yang muncul, mendeskripsikan serta mencatat data yang mengandung interaksi. Setelah itu proses wawancara untuk mendeksripsikan pendapat dari siswa. Berdasarkan data yang sudah terkumpul terdapat 10 bentuk interaksi sosial dicontohkan video tersebut. Berdasarkan data 10 episode video animasi si Nopal antaranya yaitu episode: akibat Tidak Cuci Tangan Sebelum Makan, cita-cita Cute Girl , debat Si Nopal Vs. Cute Girl! Siapa Yang Menang, lagu Libur Sekolah, robot Aneh, lagu Kemerdekaan Versi Cute Girl, lagu Semangat Sekolah Yang Aneh, nilai Ulangan, kehebatan Cute Girl yang Tidak Banyak Orang Tahu, berkemah. Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai interaksi sosial yang ada pada video animasi si Nopal dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi sosial. interaksi sosial tersebut meliputi proses komunikasi, kontak sosial, dan proses asosiatif. Manfaat dari penelitian ini bagi sekolah, dengan penelitian ini dapat memberikan dampak yang positif bagi berlangsungnya kehidupan bersosial siswa. Bagi guru, dengan penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan interaksi sosial anak yang positif dalam pembelajaran sekolah dasar. Bagi peneliti, dengan penelitian ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru yang sangat berharga khususnya berkaitan dengan berlangsungnya interaksi sosial di kehidupan bermasyarakat.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectVideo animasien_US
dc.titleAnalisis Video Animasi Si Nopal untuk Mendukung Interaksi Sosial pada Siswa SDN Tunjung 02 Lumajangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasar-
dc.identifier.kodeprodi0210204-
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ghafiruna Al Aziz-160210204065.pdf2.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools