Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99281
Title: Pengembangan Wisata Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Terhadap “Wisata Alam Patirana 28” di Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso)
Authors: PURWOWIBOWO
ARIYANI, Dristy Happy
Keywords: Pengembangan Wisata Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Terhadap “Wisata Alam Patirana 28” Di Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso)
Issue Date: 6-Sep-2019
Publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Wisata Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini mengkaji mengenai proses yang dilakukan masyarakat dan pemerintah desa Wonosari dalam mengembangkan potensi desa berupa bukit patirana yang didapat setelah adanya perjanjian penandatanganan kerjasama dengan pihak perhutani untuk dikelola desa hingga menjadi Wisata Alam P28 (Patirana 28), dan bagaimana dampak wisata tersebut terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Wonosari. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Dusun Patirana Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive dengan 3 orang informan pokok dan 6 orang informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, obeservasi non Partisipasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dikoding, dikategorisasikan, disimpulkan sementara, ditriangulasi dan dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan akhir. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99281
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dristy Happy Ariyani-130910301056_.pdf3.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools