Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99273
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | BASKORO, Singgih | - |
dc.contributor.advisor | SUPRIADI, Bambang | - |
dc.contributor.author | 'IZZAH, Dewi Rohmatul | - |
dc.contributor.author | SUPRIADI, Bambang | - |
dc.date.accessioned | 2020-06-19T05:54:00Z | - |
dc.date.available | 2020-06-19T05:54:00Z | - |
dc.date.issued | 2019-11-27 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99273 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya secara aktif untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Mata pelajaran fisika adalah Salah satu mata pelajaran di sekolah yang seringkali dianggap sulit oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran fisika di SMAN 3 Jember, diketahui bahwa sekolah telah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu pembelajran dimana guru hanya sebagai fasilitator dan siswa yang lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi kelas secara acak di SMA Negeri 3 Jember, 90% siswa mengatakan bahwa mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari. Siswa kesulitan untuk menentukan konsep apa yang seharusnya dipakai dalam mengerjakan suatu soal. Sehingga ketika disediakan soal dalam bentuk yang lain, siswa merasa kebingungan dengan konsep yang harus dipakai untuk menyelesaikan soal tersebut. Selain itu, siswa masih kurang memahami tentang penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajari ilmu fisika. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan modul berbasis problem based learning disertai concept mapping pada pembelajaran fisika pokok bahasan alat optik | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Concept Mapping | en_US |
dc.subject | Alat Optik | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping pada Materi Alat Optik di SMA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN FISIKA | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Dewi Rohmatul 'Izzati-150210102062-CHNS-U.pdf | 4.16 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools