Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99237
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | SATRIJONO, Hari | - |
dc.contributor.advisor | KURNIASIH, Fitria | - |
dc.date.accessioned | 2020-06-17T05:24:05Z | - |
dc.date.available | 2020-06-17T05:24:05Z | - |
dc.date.issued | 2020-02-03 | - |
dc.identifier.nim | NIM160210204085 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99237 | - |
dc.description.abstract | Berbicara merupakan suatu cara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan-pesan atau ide gagasan kepada orang lain secara lisan. Dalam Kurikulum 2013 KD 3.3 “meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik” dan KD 4.3 “menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual” kelas V. Berdasarkan KD dalam Kurikulum 2013, siswa kelas V diharapkan mampu meringkas isi teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik. Serta siswa diharapkan dapat menyajikan ringkaan tersebut baik secara lisan ataupun tulisan dengan menggunakan kosakata baku serta menggunakan kalimat efektif. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada siswa kelas VB SDN Jember Lor 02, siswa masih ragu dalam menyampaikan hasil belajarnya secara lisan di depan kelas, siswa masih ragu untuk berbicara, dan saat berbicara siswa belum menggunakan bahasa yang baik dan benar. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan menerapkan model TSTS. Pemilihan model TSTS ini dikatakan sesuai karena kegiatan diskusi yang berlangsung menjadikan siswa saling berbagi hasil diskusinya sehingga melatih keterampilan berbicara siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah langkahlangkah penerapan model TSTS yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2019/2020? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Jember Lor 02 setelah diterapkan model TSTS? Tujuan penelitian ini, yaitu (1) untuk menerapkan langkah-langkah pembelajaran kooperatif model TSTS yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2019/2020 dan (2) untuk meningkatka keterampilan berbicara siswa kelas VB SDN Jember Lor 02 setelah diterapkan model TSTS. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VB SDN Jember Lor 02 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan tes. Hasil dari penelitian ini yaitu, penerapan model TSTS yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa yakni ketika siswa melaksanakan kegiatan bertamu dan menyampaikan hasil diskusi. Pada saat siswa melaksanakan kegiatan bertamu, dua anggota siswa diminta untuk mengunjungi kelompok lain untuk mendengarkan penjelasan hasil diskusi kelompok yang didatangi. Siswa yang tetap tinggal di dalam kelompok bertugas untuk menyampaikan hasil diskusinya pada kelompok tamu. Setelah kegiatan tersebut selesai, secara bergantian setiap kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. kegiatan tersebut yang dapat melatih keterampilan berbicara siswa dan melatih keberanian siswa dalam berbicara di depan kelas. Peningkatan keterampilan berbicara siswa dilihat pada nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa secara keseluruhan kelas dan siswa yang mendapatkan nilai ≥70. Nilai keseluruhan kelas pada tahap prasiklus sebesar 69,21%, siklus I sebsesar 77,94%, dan siklus II sebesar 86,67%. Sedangkan siswa yang mendapat nilai ≥70 pada prasiklus 19 siswa, siklus I 26 siswa, dan siklus II 31 siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu, bagi siswa diharapkan setelah diterapkan model TSTS siswa dapat meningkatkan keterampilan berbicara, bagi pihak sekolah dan guru diharapkan model TSTS dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi untuk melaksanakan penelitian yang sejenis atau penelitian dengan menggunakan bahasan lain. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Keterampilan Berbicara | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Kooperatif | en_US |
dc.subject | Model Two Stay Two Stray | en_US |
dc.title | Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VB SDN Jember Lor 02 dengan Menerapkan Pembelajaraan Kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0210204 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Anis Alfiah - 160210204085.pdf | 1.57 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools