Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99233
Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Pada kelas IV SD/MI |
Authors: | MUTROFIN AGUSTININGSIH PRATAMA, Andika Dian |
Keywords: | Teknologi Pendidikan Media Pembelajaran Media Pembelajaran Audio Visual Sparkol Videoscribe |
Issue Date: | 22-Oct-2019 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Dewasa ini dunia pendidikan mengalami berbagai perkembangan baik dari segi sistem maupun sarana dan prasarana. Pendidikan formal yaitu pembelajaran di sekolah pun ikut serta dalam perkembangan tersebut. Salah satunya adalah ketersediaan sarana pendidikan yang seharusnya semakin mempermudah guru dalam mengajar di sekolah. Seperti halnya ketersediaan internet, wifi, lcd proyektor, viewer serta software-software penunjang pembelajaran. Salah satunya dapat digunakan sebagai pengembang media pembelajaran. Hal ini tentu harus direspon secara baik dan serius oleh guru sebagai salah satu elemen dari tenaga kependidikan, karena ketika dunia pendidikan tidak mampu mengikuti perkembangan yang ada maka proses pembelajaran akan terus menerus konvensional dan tidak berkembang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi : (1) Bagaimanakah proses dan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi sparkol Videoscribe?, (2) Bagaimanakah efektifitas produk pengembangan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe dalam menunjangan pembelajaran?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakanlah model penelitian dan pengembangan R&D Borg dan Gall (1983) dengan 10 langkah penelitian. Langkah-langkah tersebut meliputi : (1) Research and Information Collection, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form of Product, (4) Preliminary Field Testing, (5) Main Product Revision, (6) Main Field Testing, (7) Operational Product Revision, (8) Operational Field Testing, (9) Final Product Revision, (10) Desimination and Implementation. Pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi diperoleh potensi dan permasalahan dalam dunia pembelajaran yaitu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang begitu pesat serta tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran yang kekinian, namun potensi tersebut tidak optimal penggunaannya dalam proses pembelajaran. Hal itu ditandai dengan masih sedikitnya proses pembelajaran yang menggunakan metode ataupun media pembelajaran yang kekinian. Untuk itu dibuatlah proposal penelitian dengan merujuk pada permasalahan tersebut. Setelah proposal tersusun selanjutnya adalah membuat produk awal pengembangan berupa video berbasis sparkol videoscribe. Video tersebut kemudian dimintakan validasi kepada validator ahli, penilaian angket siswa dan diujicobakan sebanyak tiga kali. Tiga data yang diperoleh dari kegiatan di atas digunakan sebagai dasar dalam melakukan perbaikan atau revisi produk, hingga pada produk final yang dapat dan layak untuk disebarluaskan pada dunia pendidikan serta masyarakat luas. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi dua syarat atau kriteria media pembelajaran, yaitu : (1) Valid, berdasarkan validasi yang dilakukan kepada dua orang validator dari kalangan dosen dan praktisi pendidikan menunjukkan hasil valpro sebesar 85,4. Hasil valpro tersebut jika dikonsultasikan pada tabel kriteria kevalidan produk berada pada rentangan nilai 81 – 100 yang berarti sangat layak/valid untuk diujicobakan. (2) Efektif, dari tiga kali ujicoba yang dilakukan produk mendapatkan persentase pemahaman siswa yang selalu meningkat pada setiap ujicobanya dan mampu melewati persentase standar yang harus mampu diperoleh yaitu 80%. Pada ujicoba produk awal persentase yang diperoleh sebesar 60%, ujicoba produk utama meningkat menjadi 73,3% dan pada ujicoba terakhir ujicoba produk operasional persentase yang diperoleh sebesar 87,5%. Dari data tersebut dapat diasumsikan bahwa produk efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan proses dan hasil penelitian pengembangan seperti paparan di atas dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh terhadap pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan serta bisa digunakan sebagai sarana penunjang belajar di luar sekolah. Harapannya, produk yang dikembangkan dapat bermanfaat dalam upaya ikut serta menyediakan pembelajaran menarik dan layak. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99233 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Andika Dian Pratama-150210204077.pdf | 2.88 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools