Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98728
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | DARSIN, Mahros | - |
dc.contributor.advisor | SAKURA, Rahma Rei | - |
dc.contributor.author | IMAN, Hayun Indra Nur | - |
dc.date.accessioned | 2020-05-04T04:11:55Z | - |
dc.date.available | 2020-05-04T04:11:55Z | - |
dc.date.issued | 2019-05-29 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98728 | - |
dc.description.abstract | Jumlah kendaraan bermotor selama periode 2013-2017 mengalami peningkatan rata-rata yang cukup tinggi yaitu 7,40 persen per tahun. Paparan sinar matahari dapat mengakibatkan cat cepat rusak dan warna yang cepat pudar, sehingga diperlukan perbaikan. Perbaikan cat kendaraan diperlukan karena cat pada kendaraan memiliki fungsi melindungi body kendaraan dari korosi. Perlindungan terhadap korosi dan upaya untuk menjaga tampilan kendaraan tetap bagus pengecatan menjadi sebuah kebutuhan yang penting. Kebutuhan akan cat menjadi penting disebabkan kebutuhan yang meningkat setiap tahunnya. Pengecatan merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan mengaplikasikan cat dalam bentuk cair pada permukaan suatu produk guna membuat lapisan pada permukaan produk tersebut. Lapisan pada permukaan kendaraan bermotor memiliki fungsi untuk melindungi body kendaraan dari korosi dan untuk memberikan tampilan yang bagus pada kendaraan. Penilaian terhadap kualitas lapisan cat yang bagus dapat dilakukan dengan melihat beberapa indikator, salah satunya adalah ketebalan lapisan cat pada permukaan body kendaraan bermotor. Metode desain eksperimen yang digunakan adalah metode respons permukaan dan pengolahan data dilakukan dengan bantuan software Minitab. Penelitian ini menggunakan tiga parameter dan tiga level pada setiap parameternya, yang dilakukan dengan tiga kali pengulangan. Hasil yang diharapkan pada penelitian ini adalah ketebalan maksimal dengan variasi parameter di atas. Pengukuran ketebalan lapisan cat dilakukan dengan alat ukur thickness gauge. Hasil yang didapatkan dari pengolahan data menyebutkan bahwa parameter dengan pengaruh terbesar terhadap ketebalan lapisan cat adalah jarak penyemprotan, sedangkan untuk dua parameter lainnya memiliki pengaruh relatif kecil. Ketebalan rata-rata lapisan maksimal yang didapatkan pada penelitian ini adalah sebesar 39.9µm yang terletak pada percobaan kelima belas dengan variasi variabel jarak 130mm, komposisi 1:1,4, dan tekanan 4,5 bar. Percobaan kelima belas dapat menghasilkan nilai rata-rata yang tinggi dibandingkan percobaan lainnya dikarenakan distribusi ketebalan yang merata ke seluruh permukaan yang di cat. Percobaan lain mampu memunculkan nilai ketebalan yang tinggi namun hanya terjadi pada beberapa titik pengukuran. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | Program Studi Strata 1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Ketebalan Lapisan | en_US |
dc.subject | Pengecatan Baja Karbon Rendah | en_US |
dc.subject | Metode Respons Permukaan | en_US |
dc.subject | Jumlah kendaraan bermotor | en_US |
dc.title | Analisis Ketebalan Lapisan Pada Pengecatan Baja Karbon Rendah Menggunakan Metode Respons Permukaan | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | 191010 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Hayun Indra Nur Iman - 141910101078.pdf-sdh split.pdf | 2.57 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools