Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98573
Title: Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Studi Kasus: Izin Usaha Mikro Kecil Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Situbondo)
Authors: BOEDIJONO
HIDAYAT, Rachmat
AJI, Hendra Ari Purnomo
Keywords: Implementasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Studi Kasus: Izin Usaha Mikro Kecil Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Situbondo)
Issue Date: 10-Sep-2019
Publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjeaskan implementasi pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yaitu pada jenis izin usaha mikro kecil di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Situbondo. Penerapan teknologi informasi pada bidang pelayanan perizinan berusaha dilakukan dengan mengembangkan aplikasi berbasis website yaitu Online Single Submission (OSS). Pemerintah mengeluaran Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. PP No. 24 tahun 2018 menyatakan bahwa “Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission yang selanjutnya disingkat OSS adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota kepada Pelaku Usaha melalui sistem elektronik yang terintegrasi”. Jenis perizinan pada OSS meliputi jenis Izin Usaha atau Komersial/operasional dan Jenis Perseorangan/Non-perseorangan. Peneliti pada kajian ini mengambil fokus penelitian mengenai implementasi pelayanan jenis Izin Usaha Mikro Kecil dengan lokus penelitian pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Situbondo.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98573
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hendra Ari Purnomo Aji-150910201044_.pdf2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools