Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9851
Title: | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SDN JENGGAWAH 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013 |
Authors: | Windi Maghfiroh |
Keywords: | MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN METODE EKSPERIMEN |
Issue Date: | 18-Dec-2013 |
Series/Report no.: | 090210204081; |
Abstract: | Pembelajaran IPA di SDN Jenggawah 01 Jember masih cenderung memakai metode ceramah yang hanya berpusat pada guru dan kurangnya pemanfaatan media sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran yang mengakibatkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Permasalahan dalam pembelajaran IPA tersebut dapat diatasi dengan metode eskperimen sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen di SDN Jenggawah 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013?.” Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen di SDN Jenggawah 01-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jenggawah 01 Jember pada siswa kelas IV sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas Hasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 62,38% viii dan pada siklus II mencapai persentase 81,83%, Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pokok bahasan sifat dan perubahan wujud benda di SDN Jenggawah 01-Jember tahun pelajaran 2012/2013. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah pembelajaran IPA dengan metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dan variasi dalam pembelajaran IPA agar siswa aktif dan tertarik dan pembelajaran yang dilakukan. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9851 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Windi Maghfiroh - 090210204081_1.pdf | 81.6 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools