Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98269
Title: Analisis Tindak Tutur dalam Iklan Produk Kecantikan Wardah di Media Televisi
Authors: Wibisono, Bambang
Rochiyati, A. Erna S.
SARI, Ririn Nur Indah
Keywords: Tindak Tutur
Produk Kecantikan Wardah
Media Televisi
Issue Date: 2019
Publisher: SASTRA INDONESIA, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Produk iklan harus memperhatikan cara penyampaian dalam mempromosikannya. Penyebutan merk produk dan menggunakan retorika bahasa yang bagus dapat mempengaruhi sebagian besar penonton media pertelevisian atas produk yang ditawarkan. Salah satu produk yang diiklankan adalah produk kecantikan Wardah. Studi bahasa yang sering dipergunakan untuk mengkaji bahasa iklan televisi dalam beberapa penelitian kebahasaan adalah pragmatik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan jenis tindak tutur dan (2) fungsi tindak tutur yang terdapat dalam wacana iklan produk kecantikan Wardah di media televisi. Penelitian ini dilakukan melalui tahap metode, yakni (1) penyediaan data, (2) analisis data,dan (3) penyajian hasil analisis data. Penyediaan data dilakukan untuk kepentingan analisis dengan menggunakan metode simak. Teknik analisis data penelitian ini yaitu mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat dirumuskan ke dalam hipotesis kerja. Metode pemaparan hasil analisis data disajikan melalui dua cara yaitu metode formal dan metode nonformal. Hasil penelitian menunjukkan 22 data video iklan produk kecantikan Wardah menggunakan jenis ilokusi. Klasifikasi tindak ilokusi tersebut berupa asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Rincian penggunaan tersebut sebagai berikut: asetif, direktif, komisif, ekspresif, dan direktif. Dengan demikian, tindak ilokusi asetif merupakan yang paling dominan pada iklan produk kecantikan Wardah. Contoh tindak tutur asertif dan direktif dalam iklan produk kecantikan Wardah di media televisi tampak pada digunakannya tuturan, “Hanya hitungan detik”. Tindak tutur direktif pada iklan produk kecantikan Wardah tampak pada digunakannya, “cobain aja gak usah ragu”. Contoh komisif adalah ujaran, “apa yang membuat kulit cerah bercahaya”. Contoh ekspresif adalah ujaran, “tapi aku suka coba-coba warna sesuai mood aku”. Contoh direktif adalah ujaran, “Hah, emang sempat siap-siap?”. Pada 22 data video iklan produk kecantikan Wardah dapat ditemukan fungsi tindak tutur sebagai berikut, membujuk, contohnya “kebaikan dimulai dari yang halal. Wardah halal dari awal”. Menyenangkan, contohnya “ Hai, Ayana dan dijawab Annyeong (hai) orang yang disapa merasa senang, sebaliknya yang menjawab sapaan juga senang”. Kompetitif, contohnya “yakinsudah nyaman dengan bibirmu?”. dan kerja sama, contohnya “mau tambah cerah selama bulan puasa? Sebelum tidur pakai Wardah White Secret Day Cream di pagi hari”. Contoh Dengan kata lain, fungsi tindak tutur yang paling dominan adalah membujuk dan bekerja sama. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tuturan dalam iklan mempunyai niatan untuk membuat seseorang melakukan sesuatu dengan menjelaskan alasan-alasan yang baik pada mereka untuk melakukannya. Tindakan tersebut merupakan bentuk usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan yang sama.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98269
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ririn Nur Indah Sari - 120110201011_1.pdf1.04 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools