Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98246
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSuhartiningsih-
dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk-
dc.contributor.authorSetyaningrum, Agvien Pratama-
dc.date.accessioned2020-04-19T07:16:47Z-
dc.date.available2020-04-19T07:16:47Z-
dc.date.issued2019-12-23-
dc.identifier.nim150210204147-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98246-
dc.description.abstractMenulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Menulis merupakan komunikasi secara tidak langsung dalam menuangkan gagasan, ide, dan pendapat. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SDN Jember Lor 02 diketemukan bahwa terdapat sekitar 70% peserta didik dengan kemampuan menulis paragraf deskripsi yang masih perlu ditingkatkan, utamanya dalam mengembangkan ide-ide dalam membuat kalimat. Hal ini dikarenakan siswa masih belum bisa menyusun kalimat secara runtut, pemakaian ejaan dan tanda baca yang tidak tepat, serta penguasan kosakata masih rendah, sehingga perlu adanya suatu model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf dengan menggunakan ejaan dan tanda baca yang tepat. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, salah satunya adalah model kooperatif tipe picture and picture sebagai alternatif dalam mengembangkan ide untuk membuat kalimatkalimat pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Jember Lor 02. Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SDN Jember Lor 02 dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Jember Lor 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picture berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Proses penerapan menulis paragraf yaitu: (1) Guru membimbing dan melibatkan siswa secara langsung dalam memberikan contoh menulis kalimat dengan menggunakan struktur kalimat yang tepat, (2) guru mempraktikkan langkah-langkah menyusun paragraf pada siswa, (3) guru memberikan contoh dan latihan penggunaan ejaan dan huruf kapital dengan tepat.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectMenulis Paragraf Deskripsien_US
dc.subjectModel Kooperatif Tipe Picture and Pictureen_US
dc.subjectTema Indahnya Persahabatanen_US
dc.subjectSiswa Kelas III SDNen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi menggunakan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Siswa Kelas III SDN Jember Lor 02 pada Tema Indahnya Persahabatanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agvien Pratama Setyaningrum-150210204147.pdf2.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools