Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98230
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorWidodo, Joko-
dc.contributor.advisorWahyuni, Sri-
dc.contributor.authorRizkianingsih, Wira-
dc.date.accessioned2020-04-19T05:05:53Z-
dc.date.available2020-04-19T05:05:53Z-
dc.date.issued2019-06-25-
dc.identifier.nim140210301045-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98230-
dc.description.abstractPertumbuhan ekonomi yang semakin pesat membuat tingkat persaingan semakin ketat, khususnya pada usaha dagang. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah tingkat kebutuhan manusia yang meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku usaha dagang dalam berlomba-lomba memasarkan produknya. Pelaku usaha dagang harus memiliki kompetensi yang mumpuni agar tetap dapat bertahan ditengah ketatnya persaingan. Untuk menghadapi persaingan ini, pelaku usaha dagang harus memiliki perencanaan yang matang serta trik untuk membuat konsumen selalu ingin berbelanja di toko tersebut serta merasa paling nyaman berbelanja di tempat tersebut. Perumusan masalah yang akan diungkapkan dalam penelitian ini adalah mengenai Pemasaran Relasional pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Tujuan yang di harapkan dalam penelitian ini yaitu mampu mendeskripsikan Pemasaran Relasional pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan Pemasaran Relasional Pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Ijen dan pemilik Toko Ijen. Pemilik toko Ijen merupakan informan utama, dan informan tambahan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang adalah konsumen dari Toko Ijen Kabupaten Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemasaran Relasional yang digunakan di toko Ijen untuk menarik minat konsumen dan menjadikan pelanggan viii tetap di toko Ijen yaitu yang pertama dengan adanya ikatan antara konsumen dengan penjual. Yaitu ketergantungan antara kedua pihak yang saling menguntungkan . Kedua, dengan adanya kepedulian. Emphaty yang dimiliki oleh pemilik Toko Ijen terhadap konsumen menjadi point tersendiri dalam menjalin hubungan baik antara pemilik toko dengan konsumen. ketiga. Hubungan jangka panjang. Yaitu pemilik Toko Ijen harus mempunyai rasa ketergantungan serta kepedulian supaya tercipta hubungan baik antara konsumen dengan pemilik toko sehingga terjalin hubungan jangka panjang. Keempat, dengan adanya kepercayaan. Antara pemilik Toko Ijen dengan konsumen Toko Ijen harus memiliki komitmen yang kuat agar tercipta rasa percaya serta dapat memperkuat suatu hubungan.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPemasaran Relasionalen_US
dc.subjectToko Ijenen_US
dc.subjectDesa Cindogoen_US
dc.subjectKecamatan Tapenen_US
dc.subjecttrik persaingan dagangen_US
dc.titlePemasaran Relasional pada Toko Ijen Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Wira Rizkianingsih - 140210301045.pdf2.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools