Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98198
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSASONGKO-
dc.contributor.advisorSUHARTONO-
dc.contributor.authorMURTI, Ratna-
dc.date.accessioned2020-04-16T03:55:50Z-
dc.date.available2020-04-16T03:55:50Z-
dc.date.issued2019-12-02-
dc.identifier.nimNIM120910202053-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98198-
dc.description.abstractAJB Bumiputera 1912 adalah perusahaan jiwa nasional yang pertama dan tertua di Indonesia. Perusahaan asuransi ini dibentuk pada tanggal 12 Februari 1012, di Magelang, Jawa Tengah. AJB Bumiputera 1912 yang menjadi objek penelitian adalah AJB Bumiputera 1912 cabang Jember. AJB Bumiputera 1912 cabang Jember perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dengan persaingan yang cukup ketat dimana munculnya banyak perusahaan asuransi lainnya, tentu mendorong perusahaan AJB Bumiputera 1912 cabang Jember untuk selalu mengembangkan sumber daya manusia dalam perusahaan. Mengembangkan sumber daya yang ada, tentunya perusahaan harus mengetahui kondisi yang dialami karyawannya. Kinerja perusahaan tentunya tidak lepas dari kerjasama seluruh anggota perusahaan, salah satunya agen. Agen asuransi dalam AJB Bumiputera 1912 cabang Jember merupakan karyawan bagian lapang yang berhadapan langsung dengan nasabah. Keadaan lapangan yang dihadapi agen tentunya perlu dikomunikasikan kepada pimpinan, sehingga pimpinan dapat mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi agen, kemudian dapat ditemukan solusi untuk perbaikan kinerja agen kedepan. Komunikasi yang dilakukan antara pimpinan dan bawahan ini disebut dengan komunikasi vertikal. Adapun Selain komunikasi vertikal, perlu diperhatikan juga mengenai komitmen organisasi. Seorang agen yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi lebih bertahan manjadi anggota organisasi dibandingkan dengan yang tidak memiliki komitmen organisasi. Dengan memiliki komitmen organisasi seorang agen merasa ingin lebih berpartisipasi dalam kegiatan usaha perusahaan karena adanya perasaan memiliki perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi vertikal terhadap kinerja agen, untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja agen, dan untuk mengetahui pengaruh komunikasi vertikal dan komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja agen asuransi AJB Bumiputera 1912 cabang Jember. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data yang diolah dari kuesioner yang telah dibagikan kepada 50 orang agen asuransi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunikasi vertikal berpengaruh signifikan terhadap kinerja agen asuransi dengan uji t (2,135>1,678) oleh tingkat signifikasi (0,038<0,05), dan komitmen organsisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja agen asuransi dengan uji t (3,675>1,678) oleh tingkat signifikansi (0,001<0,05), serta komunikasi vertikal dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja agen asuransi AJB Bumiputera 1912 cabang Jember dengan nilai f (35,447>3,20). Data tersebut menunjukkan hasil hipotesis alternatif diterima.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectAJB Bumiputera 1912en_US
dc.subjectKomunikasi Vertikalen_US
dc.subjectKomitmen Organisasien_US
dc.subjectKinerja Agen asuransien_US
dc.titlePengaruh Komunikasi Vertikal dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Agen Asusransi pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiADMINISTRASI BISNIS-
dc.identifier.kodeprodi0910202-
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ratna Murti - 120910202053.pdf2.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools