Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98176
Title: Proses Berpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkah-Langkah Polya
Authors: Yudianto, Erfan
Setiawan, Toto‟ Bara
DEWI, Niken Shofiana
Keywords: Teorema Kesebandingan Segitiga
Langkah-langkah Polya
Issue Date: 2019
Publisher: PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan teorema kesebandingan segitiga dan konversnya berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengidentifikasian proses berpikir siswa dalam membuktikan teorema ini menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah oleh Polya (1973) yang dikatitkan dengan konsep berpikir yang dikemukakan Piaget serta deskriptor level berpikir van Hiele. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jember dan MAN 2 Jember. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 3 siswa level deduksi, dimana 2 siswa dari SMA Negeri 1 Jember dan 1 siswa dari MAN 2 Jember. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain soal pembuktian teorema beserta kunci jawabannya, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Penentuan subjek penelitian yaitu siswa level deduksi menggunakan instrumen yang sudah valid yaitu 25 soal pilihan ganda tes level ix kemampuan berpikir siswa dalam geometri yang dikutip dari Sunardi (2000), sedangkan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi digunakan soal tes pembuktian teorema yang terdiri atas 2 teorema yaitu teorema kesebandingan segitiga (Triangle Proportionally Theorem) dan konvers dari teorema tersebut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98176
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Niken Shofiana Dewi - 160210101091_1.pdf2.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools