Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98171
Title: Strategi Diferensiasi pada Objek Wisata Dira Park Ambulu Kabupaten Jember
Authors: WAHYUNI, Sri
WIDODO, Joko
SA'ADAH, Ovi Mustafia
Keywords: Diferensiasi
Industri pariwisata
Strategi Pemasaran
Issue Date: 1-Nov-2019
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam pengembangan perekonomian suatu wilayah. Salah satu daerah yang memiliki potensi pariwisata bagus di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Jember. Berdasarkan data jumlah pengunjung pada objek wisata buatan di Kabupaten Jember selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk berwisata cukup tinggi. Salah satu objek wisata buatan yang saat ini cukup digemari banyak wisatawan adalah Dira Park Ambulu. Objek wisata ini mengalami persaingan yang cukup ketat. Untuk dapat mempertahankan jumlah pengunjung dan dapat terus memenangkan persaingan perlu menerapkan strategi pemasaran tertentu. Salah satu strategi untuk mengatasi persaingan adalah strategi diferensiasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh objek wisata Dira Park Ambulu Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Dira Park Ambulu Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa objek wisata Dira Park Ambulu Kabupaten Jember menerapkan strategi diferensiasi melalui dimensi konten, konteks, dan infrastruktur dengan tujuan agar dapat menjadi objek wisata yang dapat bersaing dan unggul. Objek wisata ini memperhatikan semua aspek tersebut dan berusaha menerapkannya secara maksimal. Strategi diferensiasi yang diterapkan objek wisata ini mendominasi pada dimensi konten. Objek wisata air ini membuat objek wisatanya berbeda pada dimensi konten yakni melalui penawaran wahana wisata berupa Kolam Istana dan Dira Park Garden and Resto. Kolam Istana merupakan kolam renang dimana terdapat fasilitas untuk pesta busa atau foam party. Fasilitas tambahan ini dapat membuat pengunjung yang berenang merasakan sensasi yang lebih menyenangkan dari pada kolam renang pada umumnya. Sedangkan Dira Park Garden and Resto adalah taman bunga dan restoran yang memiliki konsep cukup unik yakni bernuansa negeri Belanda. Objek wisata ini mendesain dengan sedemikian rupa sehingga mirip seperti di lingkungan negeri Belanda. Pengunjung dapat berfoto sepuasnya dengan berbagai macam miniatur seperti kincir angin, rumah hobitton, dan lainnya sebagai background yang menarik. Hal ini menunjukkan bahwa pada dimensi ini terdapat kreativitas, tercipta kekhasan dan lebih unggul dari wisata lain di Jember, selain itu sulit ditiru oleh pesaing. Objek wisata ini menciptakan diferensiasi pada dimensi konteks yakni dengan melakukan penawaran nilai melalui layanan yang dilakukan dengan cara membuat prinsip bahwa objek wisatanya bersih, aman, nyaman, sejuk, dan rindang. Hal ini menunjukkan belum adanya kreativitas karena pada umunya objek wisata air juga melakukan hal tersebut. Sehingga mudah ditiru pesaing, dan tidak tercipta kekhasan. Namun wisata ini menerapkan prinsip tersebut dengan konsisten sehingga tercipta objek wisata yang bernilai. Strategi diferensiasi pada dimensi infrastruktur terdiri dari sumber daya manusia, teknologi, dan fasilitas. Kemampuan tenaga kerja wisata ini sama seperti pada objek wisata air lain di Jember seperti pengawas kolam renang yang memiliki keahlian dalam hal berenang. Hal ini berarti tenaga kerja wisata ini belum menunjukkan kreativitas, kekhasan, dan mudah ditiru oleh pesaing. Teknologi wisata ini yang tidak dimiliki wisata air lain di Kabupaten Jember adalah E-ticket. Wisata ini menerapkannya dengan tujuan pengunjung tidak perlu mengantri lama untuk masuk ke objek wisata. Hal ini berarti wisata telah menunjukkan adanya nilai, kreativitas, kekhasan, dan sulit ditiru oleh pesaing. Wisata ini menyediakan fasilitas dengan memenuhi kebutuhan pengunjung dan menawarkan fasilitas yang tidak dimiliki wisata air lain di Jember yakni swalayan. Hal ini berarti wisata telah menunjukkan adanya nilai, kreativitas dan kekhasan, namun masih mudah ditiru oleh pesaing karena perbedaan belum kompleks.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98171
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ovi Mustafia Sa’adah - 150210301085.pdf1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools