Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/98113
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | MUTI'AH, Arju | - |
dc.contributor.advisor | SISWANTO | - |
dc.contributor.author | ADILAH, Lia Zanubah | - |
dc.date.accessioned | 2020-04-16T01:10:22Z | - |
dc.date.available | 2020-04-16T01:10:22Z | - |
dc.date.issued | 2019-11-07 | - |
dc.identifier.nim | NIM150210402025 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98113 | - |
dc.description.abstract | Belajar mandiri adalah suatu kegiatan belajar aktif yang dilakukan peserta didik secara sadar dengan inisiatif sendiri sesuai kemauannya melakukan proses belajar dengan bantuan atau tanpa bantuan orang lain untuk menguasai suatu materi atau kompetensi tertentu. Semua kegiatan belajar mandiri merupakan tanggung jawab peserta didik. Belajar mandiri tidak hanya dapat dilakukan di luar kelas namun juga dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Hal yang dapat dilakukan untuk menunjang aktivitas belajar mandiri adalah penggunaan strategi belajar mandiri yang sesuai. Strategi belajar mandiri adalah aktivitas mental yang digunakan peserta didik ketika mereka belajar untuk membantu diri mereka sendiri dalam memperoleh dan mengorganisasikan informasi. Strategi belajar mandiri disebut juga self-regulated learning merupakan kemampuan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajarnya, baik secara metakognitif, secara motivasional, maupun secara behavioral. Secara metakognitif; individu yang meregulasi diri merencanakan, mengorganisasi, mengintruksi diri, memonitor, dan mengevaluasi dirinya dalam proses belajar. Secara motivasional; individu yang belajar merasa bahwa dirinya kompeten, memiliki keyakinam diri, dan memiliki kemandirian. Sedangkan secara behavioral, individu yang belajar menyeleksi, menyusun, dan menata lingkungan agar lebih optimal dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi belajar mandiri di dalam kelas dan di luar kelas yang dilakukan siswa kelas X IPA 1 di SMAN 1 Glenmore. Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi class, dengan jenis penelitian deskriptif yang mendeskripsikan strategi belajar yang dilakukan siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa gambar, kalimat, fenomena, serta fakta yang berisi informasi tentang strategi siswa dari hasil angket, wawancara, dan hasil observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi partisipan, angket semi terbuka, dan wawancara terbuka. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini yaitu, lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, gawai merk xiaomi 6A, dan alat tulis. Instrumen peanalisis data dalam penelitian ini yaitu, tabel pengumpul data, tabel pengumpul data digunakan untuk mengumpulkan data dari hasil angket, tratskip hasil observasi, dan transkip hasi wawancara. Analisis data yang dilakukan melalui tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu, (1) strategi belajar mandiri (Self-Regulated Learning) siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Glenmore dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan sistem kredit semester (SKS) yang terbagi dalam strategi belajar mandiri siswa di dalam kelas dan strategi belajar mandiri siswa di luar kelas. Strategi belajar mandiri siswa di dalam kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem kredit semester terbagi atas tiga aspek yaitu: aspek metakognitif, aspek motivasi, dan aspek perilaku. Aspek metakognitif terdiri dari strategi elaborasi dan strategi organisasi. Apek motivasi terdiri dari strategi penguasaan diri dan strategi kinerja ekstrinsik diri. Aspek perilaku terdiri dari strategi pencarian bantuan. (2) strategi belajar mandiri siswa di luar kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem kredit semester terbagi atas tiga aspek aspek yaitu: aspek metakognitif, aspek motivasi, dan aspek perilaku. Aspek metakognitif terdiri dari strategi pengulangan dan strategi meregulasi metakognitif. Aspek motivasi terdiri dari strategi konsekuensi diri, strategi penyusunan lingkungan, strategi kemampuan relatifitas diri, strategi peningkatan yang relevan, dan strategi minat pribadi. Aspek perilaku terdiri dari strategi regulasi usaha dan strategi waktu dan lingkungan. (3) Alasan siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Glenmore dalam menggunakan srategi belajar mandiri di dalam kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem kredit semester, yaitu mempermudah saat mengingat dan membaca kembali materi pelajaran, mudah menangkap isi materi, materi pelajaran belum cukup menambah wawasan dan pengetahuan, untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, dan untuk mendapatkan solusi dari masalah yang ditemukan saat belajar. (4) Alasan siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Glenmore dalam menggunakan srategi belajar mandiri di luar kelas dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem kredit semester, yaitu membaca ulang untuk mengingat dan memperdalam materi yang sudah diajarkan, memotivasi diri untuk melakukan aktivitas belajar, termotivasi untuk lebih bersemangat dalam belajar, untuk mencapai target belajar, melakukan cara belajar yang berbeda dengan teman yang lain, memotivasi diri dengan berusaha suka terhadap mata pelajaran, untuk mempengaruhi perasaan saat belajar, untuk mencapai tujuan belajar, dan untuk mengatur waktu belajar di rumah. Penelitian ini menyarankan sebagai berikut. (1) penelitian ini masih terbatas pada tahap menemukan strategi yang digunakan oleh siswa sehingga pada peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengaitkan strategi yang sudah ditemukan dengan hasil belajar siswa. (2) guru disarankan dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai bahan bacaan terhadap strategi belajar yang digunakan siswa. Pengetahuan tentang strategi belajar yang dimiliki guru dapat dikembangkan jika mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa. (3) pengelola pendidikan disarankan dapat mengkaji ulang sistem pendidikan dijenjang sekolah menengah atas dengan adanya temuan yang serupa untuk menyempurnakan sistem pendidikan yang sudah ada. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | Belajar Mandiri | en_US |
dc.subject | Strategi Belajar Mandiri | en_US |
dc.subject | Sistem Kredit Semester | en_US |
dc.subject | Self Regulated Learning | en_US |
dc.title | Strategi Belajar Mandiri (Self Regulated Learning) Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Glenmore dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Sistem Kredit Semester (SKS) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0210402 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Lia Zanubah Adilah - 150210402025.pdf | 3.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools