Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97940
Title: Etnomatematika Pada Pura Bukit Amerta Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika
Authors: Setiawan, Toto Bara
Trapsilasiwi, Dinawati
Marzuqoh, Ashfina
Keywords: Etnomatematika
Bahan Pembelajaran Matematika
Issue Date: 14-Nov-2019
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting dan sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Setiap aspek kehidupan manusia dapat diuraikan menjadi sebuah model matematika. Dalam pembelajaran matematika diperlukan sesuatu yang dapat menjembatani antara matematika di sekolah dengan matematika di kehidupan sehari-hari yang berbasis budaya lokal. Jembatan yang dapat menghubungkan keduanya adalah etnomatematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan etnomatematika pada Pura Bukit Amerta dan membuat bahan pembelajaran yang berbasis etnomatematika. Pura Bukit Amerta terletak di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi. Pura Bukit Amerta dijadikan sebagai subjek penelitian karena memiliki bentuk bangunan yang unik dan memiliki ukiran yang unik pula. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebanyak dua kali. Observasi pertama dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya data lapang, kemudian observasi kedua dilakukan untuk mengamati semua bentuk bangunan yang ada di Pura Bukit Amerta. Wawancara dilakukan terhadap dua narasumber, yaitu tokoh agama dan tukang pembuat pura. Dokumentasi dilakukan di tempat penelitian yaitu Pura Bukit Amerta untuk mendapatkan data secara langsung berupa gambar atau foto-foto terkait pura tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan dan ornamen Pura Bukit Amerta memiliki unsur matematika. Unsur matematika yang ditemukan yaitu bangun datar, bangun ruang sisi datar, dan transformasi geometri (refleksi dan translasi). Penelitian ini difokuskan pada beberapa bangunan pura, diantaranya adalah Kori Agung, Bale Gong, Bale Ongkara, dan Candi Bentar, serta ornamen pura yaitu ukiran. Kori Agung memiliki unsur matematika yaitu segitiga. Bale
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97940
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ashfina Marzuqoh - 150210101120 Sdh.pdf2.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools