Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97916
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSUHARSO, Pudjo-
dc.contributor.advisorKARTINI, Titin-
dc.contributor.authorSADIYAH, Halimatus-
dc.date.accessioned2020-04-09T00:47:39Z-
dc.date.available2020-04-09T00:47:39Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97916-
dc.description.abstractPengembangan pariwisata di suatu daerah yang dikelola dengan baik terbukti mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan daerah. Pariwisata terbukti memberi dampak positif bagi kehidupan ekonomi masyarakat seperti :menciptakan peluang kerja baru, meningkatkan kesempatan berusaha, meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, meningkatkan pendapatan daerah melalui retribusi dan pajak. Wisata edukasi merupakan konsep yang menerapkan pendidikan nonformal tentang suatu pengetahuan kepada wisatawan yang berkunjung ke suatu obyek wisata. Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia menjadi kawasan wisata edukasi. Keterbatasan anggaran dana dikarenakan sumber dana hanya berasal dari Puslitkoka sendiri. Adanya keterbatasan kemampuan anggaran dana Puslitkoka untuk pengelolaan kawasan wisata edukasi, namun kegiatan pengembangan kawasan wisata edukasi di Puslitkoka telah menunjukkan beberapa peningkatan, seperti penambahan beberapa sarana dan prasarana yang telah selesai dibangun dan kegiatan promosi kawasan wisata edukasi yang terus dilakukan. Puslitkoka menerapkan strategi pengembangan.Strategi pengembangan yang upaya pengembangan yang dilakukan oleh Puslitkoka yang berorientasi ke masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan wisata edukasi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Kabupaten Jember. Daerah penelitian ditentukan dengan purposive area (penentuan lokasi yang disengaja). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian kualitatif sebagai suatu pendekatan atau penelusuran untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala sentral. Adapun untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara sebagai metode utama, serta observasi dan dokumen sebagai metode pelengkap. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi terkait strategi pengembangan wisata edukasi Puslitkoka Jember dengan mengajukan pertanyaan yang umum dan agak luas. Informasi yang disampaikan dari informan kemudian dikumpulkan. Infromasi tersebut biasanya berupa kata atau teks. Data yang berupa kata-kata atau teks tersebut dianalisis. Hasil analisis tersebut dapat berupa penggambaran atau deskripsi dan menginterpretasikan. Strategi pengembangan wisata edukasi yang dilakukan Puslitkoka Kabupaten Jember yaitu tetap mempertahankan keunggulan wisata yang ditawarkan yang berkaitan dengan kopi dan kakao dengan memperhatikan kenyamanan pengunjungan, kebersihan lokasi wisata dan kelestarian wisata. Puslitkoka mewajibkan semua karyawan ramah terhadap wisatawan agar wisatawan merasa nyaman dalam berkunjung. Puslitkoka juga menjunjung tinggi kebersihan dengan mempekerjakan pekerja kebersihan. Puslitkoka juga akan menambah wahana baru yaitu lokasi persemaian bibit untuk memperkaya informasi mengenai pembibitan kopi dan kakao, merenovasi foodcourt, serta mengembangkan kawasan agroforestry yang telah ada di lokasi wisata.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries120210301066;-
dc.subjectPengembangan Kawasanen_US
dc.subjectWisataen_US
dc.subjectKopien_US
dc.subjectKakaoen_US
dc.titleStrategi Pengembangan Kawasan Wisata Edukasi Pada Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Halimatus Sadiyah-120210301066_.pdf5.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools