Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/97804
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | AGUSTININGSIH | - |
dc.contributor.advisor | MAHMUDI, Kendid | - |
dc.contributor.author | FEBRIANTI, Ine | - |
dc.date.accessioned | 2020-04-06T03:05:39Z | - |
dc.date.available | 2020-04-06T03:05:39Z | - |
dc.date.issued | 2019-12-09 | - |
dc.identifier.nim | NIM160210204144 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97804 | - |
dc.description.abstract | Kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Pada jenjang pendidikan sekolah dasar kurikulum 2013 diterapkan secara terpadu melalui pendekatan tematik terintegrasi menggunakan buku guru dan buku siswa. Pada buku siswa kelas IV tema 3 (hewan dan tumbuhan di lingkunganku) subtema 1 (hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku) mengajarkan kepada siswa mengenai keanekaragaman tumbuhan, bentuk dan fungsi bagian dari tumbuhan beserta cara pelestarian sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Namun, materi yang diajarkan masih bersifat umum. Siswa juga harus diajarkan mengenai materi yang berkaitan dan dekat dengan kehidupannya untuk menambah wawasan terkait kearifan lokal sumber daya alam dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekonologi yaitu dengan berbasis bioteknologi. Berdasarkan permasalahan di atas maka perlu dikembangkan suatu bahan ajar dalam bentuk buku ajar sebagai suplemen penunjang buku siswa untuk meningkatkan pengetahuan siswa terkait kearifan lokal sumber daya alam dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan dengan judul “Pengembangan Buku Ajar Berbasis Bioteknologi Kearifan Lokal di Jember Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui validitas buku ajar berbasis bioteknologi kearifan lokal di Jember subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku untuk siswa kelas IV sekolah dasar, (2) mengetahui efektivitas pengembangan buku ajar berbasis bioteknologi kearifan lokal di Jember subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku untuk siswa kelas IV sekolah dasar Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian ini menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap, diantaranya: (1) tahap potensi dan masalah; (2) tahap pengumpulan data; (3) tahap desain produk; (4) tahap validasi desain; (5) tahap revisi desain; (6) tahap uji coba produk; (7) tahap revisi produk; (8) tahap uji coba pemakaian; (9) tahap revisi produk; (10) tahap produksi massal. Desain penelitian ini dibatasi pada tahap kesepuluh, karena keterbatasan dana dan waktu penelitian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Kepatihan 03 Jember, siswa kelas IVA SDN Kebonsari 04 Jember, dan siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode validasi, tes, dan angket. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi, hasil tes, dan hasil angket respon siswa. Hasil validitas buku ajar berbasis bioteknologi kearifan lokal di Jember subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku untuk siswa kelas IV sekolah dasar termasuk ke dalam kategori sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 90,6%. Efektivitas buku ajar berbasis bioteknologi kearifan lokal di Jember diketahui dari hasil post test dan respon siswa pada uji coba. Hasil post test siswa kelas IVA SDN Kepatihan 03 Jember sebesar 80,9% dengan kategoti sangat efetif. Hasil post test siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember sebesar 81,5% dan hasil post test siswa kelas IVA SDN Kebonsari 84,6% dengan kategori sangat efektif. Buku ajar berbasis bioteknologi kearifan lokal di Jember mendapatkan respon positif pada uji coba pada siswa kelas IVB SDN Kepatihan 03 Jember dengan persentase respon positif yang diperoleh mencapai 91,5%. Pada siswa kelas IVB SDN Kebonsari 04 diperoleh persentase respon positif yang mencapai 94,6%. Pada siswa kelas IVA SDN Kebonsari 04 diperoleh persentase respon positif yang mencapai 97%. Berdasarkan hal tersebut, buku ajar berbasis bioteknologi kearifan lokal di Jember dikategorikan mendapat respon positif. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | Pembelajaran IPA | en_US |
dc.subject | Bahan ajar | en_US |
dc.subject | Bioteknologi | en_US |
dc.subject | Kearifan lokal | en_US |
dc.title | Pengembangan Buku Ajar Berbasis Bioteknologi Kearifan Lokal di Jember Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR | - |
dc.identifier.kodeprodi | 0210204 | - |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ine Febrianti - 160210204144.pdf | 9.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools