Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/9762
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN PERSEBARANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING: THINK - PAIR - SHARE DI SDN GEBANG O3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
Authors: Sukma Rahayu
Keywords: AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA, IPS, COOPERATIVE LEARNING
Issue Date: 18-Dec-2013
Series/Report no.: 080210204255;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share mata pelajaran IPS kelas IVB SDN Gebang 03 kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Gebang 03 kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 25 Juli 2011 sampai tanggal 30 September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 47 siswa, terdiri dari 28 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I Bertanya atau menjawab 53,7%, menyelesaikan masalah 52,2%, diskusi dan interaksi 54,3%, presentasi hasil diskkusi 51,1%, memperhatikan penjelasan guru 53,7%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, Bertanya atau menjawab 87,2%, menyelesaikan masalah 89,8%, diskusi dan interaksi 88,8%, presentasi hasil diskkusi 90,4%, memperhatikan penjelasan guru 90,9% Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 63,61 dengan 25 siswa yang blm tuntas dan siklus II secara klasikal sebesar 75,85 dengan 47 siswa tuntas Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IVB SDN Gebang 03 kecamatan Patranng kabupaten Jember berjalan dengan baik dengan persentase pada siklus I adalah 54,2% meningkat pada siklus II menjadi 88,08%. Siswa terlihat lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pelajaran. Meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat sedikit hambatan pada proses pembelajaran dan presentasi hasil diskusi. Namun, hal itu dapat diatasi dengan memberikan bimbingan yang lebih intensif pada siswa, (2) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal sebesar 53,19% (tidak tuntas) dan siklus II secara klasikal sebesar 100% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning: Think-Pair-Share sebagai alternative dalam proses pembelajaran IPS.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9762
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf127.16 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools